Rabu 12 Aug 2020 04:26 WIB

LIVE: Shakhtar Donetsk Bantai FC Basel

Donestak melaju ke semifinal Liga Europa.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Shaktar Donetsk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ketiga ke gawang FC Basel, Rabu (12/8).
Foto: EPA-EFE/Wolfgang Rattay.
Para pemain Shaktar Donetsk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ketiga ke gawang FC Basel, Rabu (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, GELSENKIRCHEN --Shakhtar Donetsk melaju mudah ke semifinal, usai menghancurkan Basel 4-1 pada babak perempatfinal, Rabu (12/8). Unggul 2-0 di babak pertama, Shakhtar menambah dua gol lagi d babak kedua, sementara Basel hanya bisa membalasnya dengan satu gol di masa injury time.

Shakhtar sudah unggul saat laga baru berjalan 1 menit 38 detik. Berawal dari tendangan bola mati Marlos, Junior Moraes mampu menyundul bola dan menaklukan kiper Djordje Nikolic. Situasi kian buruk bagi skuat asuhan Marcel Koller, usai Shakhtar menggandakan keunggulan jadi 2-0 pada menit 22. 

Kecerobohan dari pemain muda Jasper van der Weff dan Widmer, membuat Marlos dengan mudah memberikan bola ke Taison. Ia kemudian melakukan tendangan first-time, yang membentur Fabian Frei, sehingga bola berbelok menipu Nikolic. 

Shakhtar nyaris mencetak gol ketiga pada menit 30. Umpan Marcos Antonio ke Junior Moraes mengancam gawang klub asal Swiss tersebut. Namun masih bisa digagalkan Nikolic. Shakhtar kembali mengancam gawang Basel. Percobaan yang dilakukan oleh Matvyenko pada menit 40 pun masih membentur tiang gawang. Skor 2-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berjalan, Basel mulai tampil menyerang. Walaupun belum ada peluang emas tercipta, paling tidak Basel sudah membuat dua kali polemik di kotak penalti Shakhtar, yang dua-duanya hampir berbuah penalti. Apes buat Basel, karena kini justru Shakhtar yang mendapatkan hadiah penalti. 

Yannick Marchand menjatuhkan Taison di kontak penalti, dan wasit tak ragu menunjuk titik putih. Alan Patrick yang jadi eksekutor pun mampu membuat harapan Basel pudar dengan keunggulan 3-0 pada menit 75. Basel kian hancur usai juara liga Ukraina itu menambah gol lagi di menit 88 lewat aksi Dodo. Tendangan Dodo ke pojok kanan gawang membawa Shakhtar unggul 4-0. 

Basel pun mendapatkan gol penghibur pada menit 92, usai tendangan jarak dekat Van Wolfswinkel membuat skor jadi 4-1, yang bertahan hingga laga usai. Shakhtar pun lolos ke semifinal dan akan berhadapan dengan Inter Milan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement