Rabu 12 Aug 2020 00:53 WIB

Kominfo Singkawang Sediakan Wifi Gratis untuk Belajar Online

Petugas juga akan mengawasi pelajar agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kominfo Singkawang Sediakan Wifi Gratis untuk Belajar Online (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kominfo Singkawang Sediakan Wifi Gratis untuk Belajar Online (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PONTIANAK -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang telah menyediakan akses wifi gratis yang disebar ke 29 organisasi perangkat daerah dan 26 kelurahan untuk memenuhi kebutuhan akses internet pada pembelajaran daring siswa.

"Wifi gratis itu dapat digunakan pelajar untuk mengerjakan tugas pembelajaran secara daring," kata Kepala Bidang E-Goverment dan Telematika Dinas Kominfo Singkawang, Evan Ernanda saat dihubungi di Singkawang, Selasa (11/8).

Menurutnya, apa yang dilakukan tentu menjadi terobosan Dinas Kominfo yang menyediakan akses wifi gratis dan menjadi solusi kepada pelajar yang memerlukan akses internet saat pembelajaran daring. Bahkan pihaknya, telah mengimbau kepada kelurahan-kelurahan untuk membuka ruang akses pemanfaatan wifi gratis untuk para pelajar.

Evan mengatakan, saat ini baru Kelurahan Sungai Garam Hilir yang telah membuka ruang akses wifi gratis. Dia berharap, penyediaan ruang akses wifi gratis ini menjadi sumbangsih pemerintah kota dalam mengatasi kebutuhan internet yang diperlukan orang tua dan pelajar.

"Semoga ini menjadi sumbangsih pemerintah kota untuk mengatasi kebutuhan internet siswa dalam pembelajaran online. Dan semoga kelurahan lain dapat mengikuti hal yang sama," katanya.

Sementara itu, Lurah Sungai Garam Hilir, Dedy Wahyudi mengatakan, fasilitas wifi gratis untuk pelajar tersebut merupakan terobosan dalam membantu meringankan beban orang tua pelajar akibat dampak dari pandemi Covid-19.

"Wifi gratis ini disediakan untuk pelajar yang saat ini masih mengikuti proses pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, yang tentunya orang tua tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli kuota internet,” katanya.

Meskipun gratis, pihaknya telah menyediakan petugas untuk memberikan pengawasan kepada pelajar yang menggunakan fasilitas tersebut. Agar tidak disalahgunakan oleh pelajar seperti bermain game atau atau mengakses konten yang tidak berhubungan dengan pelajaran.

Petugas juga akan mengawasi pelajar agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air dan sabun yang telah disediakan.

"Layanan wifi gratis di Kantor Lurah Sungai Garam Hilir dapat digunakan pelajar setiap harinya di ruangan yang telah disediakan di Kantor Lurah mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Tetapi untuk Sabtu dan Minggu, hanya bisa di teras Kantor Lurah," katanya.

Dia berharap, layanan wifi gratis tersebut dapat diterapkan oleh pihak-pihak lain, sehingga banyak orang tua dan pelajar yang terbantu.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement