Selasa 11 Aug 2020 20:39 WIB

Mantan Presiden India Positif Corona

Mantan presiden India Pranab Mukherjee memakai alat bantu ventilator pascaoperasi/

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Mantan presiden India Pranab Mukherjee menggunakan alat bantu ventilator pascaoperasi lantaran terinfeksi virus Corona. Hal itu dilaporkan media setempat pada Selasa, mengutip sumber rahasia di rumah sakit militer New Delhi, tempatnya dirawat.

Kabar mengenai Mukherjee, presiden periode 2012-2017, muncul saat Kementerian Kesehatan federal kembali melaporkan lonjakan harian lebih dari 50 ribu kasus Covid-19. Sedikitnya 50 ribu kasus baru dilaporkan di negara terpadat kedua dunia tersebut sejak 30 Juli.

Baca Juga

Pria berusia 84 tahun itu, yang juga pernah memimpin pertahanan federal India, Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Keuangan selama berkarir politik satu dekade, pada Senin mencicit di Twitter bahwa dirinya positif terinfeksi Covid-19 saat mengunjungi rumah sakit untuk prosedur lainnya.

"Saya meminta mereka yang melakukan kontak dengan saya dalam sepekan terakhir, agar mengisolasi diri dan melakukan tes Covid-19," katanya, tanpa penjelasan lebih lanjut mengenai kondisinya.

Dengan lebih dari 2,2 juta kasus terkonfirmasi Covid-19, India mencatat lebih sedikit kasus ketimbang Amerika Serikat dan Brazil, meski telah melaporkan jumlah kematian yang relatif kecil.

Ahli epidemiologi menyebutkan puncak wabah virus corona di India kemungkinan terjadi beberapa pekan lagi. Sementara itu, para pakar merasa khawatir bahwa sistem kesehatan yang buruk di India bakal kewalahan melayani pasien, apalagi saat infeksi menyebar lebih jauh ke pedalaman.

sumber : Reuters/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement