Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Mobil Internet Purwakarta Keliling Desa Beri Wifi Gratis

Selasa 11 Aug 2020 19:40 WIB

Rep: Zuli Istiqomah / Red: Agus Yulianto

Pemkab Purwakarta, luncurkan mobil layanan internet berjalan.

Pemkab Purwakarta, luncurkan mobil layanan internet berjalan.

Foto: dok. Diskominfo
Mobil Internet dioperasikan pada daerah-daerah yang minim akses internet.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyediakan mobil internet untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di masa pandemi yang menjadikan sekolah melalui sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dengan sistem daring. PJJ dengan sistem daring di beberapa wilayah Kabupaten Purwakarta kerap menemui sejumlah kendala. Mobil internet Kabupaten Purwakarta ini berkeliling ke desa-desa yang membutuhkan jaringan internet.

Kepala Bidang Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta Ai Suarsih mengatakan Pemkab Purwakarta memiliki satu mobil internet. Di masa Pandemi Covid-19 ini mobil internet dimanfaatkan untuk sarana belajar murid-murid dengan menggunakan wifi gratis yang disediakan.

“Kita jadwalkan Senin-Jumat (mobil internetnya). Satu titik dari pukul 08.00-12.00 WIB,” kata Ai kepada Republika, Selasa (11/8).

Ai menuturkan, Pemkab Purwakarta berupaya memaksilkan satu mobil internet yang dimiliki. Diskominfo sudah menentukan jadwal operasi mobil berkeliling setiap harinya. Diutamakan pada daerah-daerah yang minim akses internet seperti Kecamatan Tegalwaru, Maniis dan Sukasari.

Menurutnya mobil internet akan mendatangi desa yang dijadwalkan. Nantinya di satu titik, siswa dapat ikut belajar daring dengan wifi yang disediakan melalui mobil yang dilengkapi parabola mini di atasnya tersebut. Dalam mobil juga dilengkapi televisi, laptop,, handytalkie portable, genset dan modem dengan dioperasikan oleh empat orang tenaga ahli. Untuk konektivitas berbasis internet dan kecepatan dan jangkauan cukup mumpuni untuk membantu pelayanan akses internet masyarakat.

“Jangkauannya radius 50 meter. Nantinya siswa dan masyarakat yang mau pakai bisa akses masuk melalui password yang diberikan petugas,” tuturnya.

Dia berharap, mobil internet bisa membantu masyarakat yang kesulitas akses internet di era serba teknologi modern saat ini. Apalagi saat ini kebutuhan internet bagi siswa sekolah sangat dibutuhkan mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga KBM tatap muka masih belum dibuka.

Melalui keterangan tertulisnya, Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta Siti Ida Hamidah mengatakan, pihaknya terus berinovasi. Di antara inovasinya, yakni dengan meluncurkan program ‘Desa Cerdas’ yang memberikan kemudahan akses internet agar masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan percepatan teknologi komunikasi masa kini‎

Mobil internet, kata dia, juga menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan internet. Fasilitas ini disediakan untuk melakukan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan internet, dengan segala fasilitas dan tenaga ahli yang mumpuni dengan spesifikasi unit internet bergerak tersebut memiliki jangkauan dan kecepatan diatas rata-rata, konektivitasnya berbasis satelit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA