Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Jumlah Masjid yang Dibongkar Jadi Kuil di India Fantastis  

Selasa 11 Aug 2020 18:57 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Pembangunan  kuil Hindu Ram di Ayodhya, di negara bagian Uttar Pradesh, India, Selasa, 4 Agustus 2020 yang berdiri di atas Masjid Babri.

Pembangunan kuil Hindu Ram di Ayodhya, di negara bagian Uttar Pradesh, India, Selasa, 4 Agustus 2020 yang berdiri di atas Masjid Babri.

Foto: AP/Rajesh Kumar Singh
Jumlah masjid yang dibongkar dan dijadikan kuil di India fantastis.

REPUBLIKA.CO.ID, Berapa banyak lagi masjid yang akan dibongkar? Jauh sebelum penghancuran secara tidak sah pada Masjid Babri, sebuah buku 'Hindu Temples: What Happened to Them (1990)' menyatakan, ada 2.000 masjid yang berdiri di atas kuil yang dibongkar. 

Buku terbaru Meenakshi 'Jain Flight of Deities and Rebirth of Temples: Episode from Indian History (2019)' menceritakan kisah yang sama.

Namun seorang arkeolog dan co-author, Jaya Menon dan Supriya Varma menyatakan, tidak ada bukti kuil di bawah Masjid Babri. Bahkan, bukti menunjukkan bahwa pembongkaran Masjid Babri

Baca Juga

adalah permainan yang terencana dengan baik. Presiden All India Majlis-e-Ittehad-ul-Muslimeen (AIMIM), Asaduddin Owaisi menyatakan, sejarah akan mengingat apa yang terjadi pada Desember 1949, ketika berhala ditempatkan secara diam-diam di Masjid dan peristiwa yang menyebabkan pembongkaran pada 1992.

Adanya permusuhan terhadap Muslim dan masjid tidak berkembang dalam semalam. Akan tetapi membutuhkan bertahun-tahun kampanye sistematis untuk menggambarkan Muslim sebagai orang jahat, penjahat dan sebagai musuh di dalam.

Sementara itu, Editor di The Print, Rama Lakshmi menulis, anyak umat Hindu, dari generasi ke generasi, telah diajarkan untuk melihat masjid sebagai tempat penghinaan sejarah.

 

Sumber: https://www.pakistantoday.com.pk/2020/08/07/is-indian-media-reporting-of-ram-temple-pushing-muslim-bloodbath/  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA