Selasa 11 Aug 2020 17:13 WIB

Gaji ke-13 ASN Cilacap Baru Dibayarkan 14 Agustus

Gaji ke 13 meliputi komponen gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Andi Nur Aminah
Gaji 13 untuk ASN/PNS
Foto: Tim infografis Republika
Gaji 13 untuk ASN/PNS

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Pemerintah Kabupaten Cilacap baru akan membayarkan gaji ke-13 para ASN-nya pada Jumat (14/8) mendatang. Hal itu disampaikan Sekda Farid Maruf, menanggapi banyaknya pertanyaan ASN tentang pencairan gaji ke-13. Untuk kalangan pensiunan, gaji ke-13 memang sudah diterima lebih awal. Penyaluran gaji pensiunan ini, diketahui sudah diterimakan pada tanggal 10 Agustus 2020 lalu.

Menurut Farid, pencarian gaji ke-13 ASN di Cilacap, berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang berasal dari pemerintah pusat. Gaji ke-13 yang akan diterima ASN, meliputi komponen gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Baca Juga

"Jumlah ASN Cilacap yang akan mendapat gaji 13 ada sekitar 11 ribu orang, meliputi seluruh pegawai berstatus PNS kecuali Bupati, Wakil Bupati dan anggota DPRD. Sedangkan anggaran yang dibutuhkan, sekitar Rp 50 miliar," katanya.

Sementara untuk Pemkab Banyumas, sejauh ini belum bisa dipastikan kapan gaji ke-13 ini akan dicairkan. Kepala BKAD Agus Raharjo menyebutkan, landasan hukum berupa peraturan bupati untuk pencairan anggaran gaji ke-13 tersebut, saat ini sedang dikoreksi Bagian Hukum Pemkab Banyumas. "Begitu koreksi selesai dan ditandatangani bupati, pasti akan langsung kita cairkan. Kemungkinan pada pekan  ini juga, gaji ke-13 ASN di Banyumas sudah bisa dicairkan," katanya.

Mengenai jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk pencairan gaji tersebut, Agus mengaku tidak hapal karena baru menduduki jabatan Kepala BKAD pada Maret 2020 lalu. Namun dia memastikan, anggaran untuk gaji ke-13 tersebut sudah disiapkan karena sudah masuk dalam APBD 2020.

"Jadi ASN di Banyumas tidak perlu khawatir. Insya Allah, gaji ke-13 bisa dicairkan pada pekan ini juga. Begitu Bapak Bupati menandatangani Perbupnya, maka dananya langsung dicairkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement