Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

MenPAN-RB: 13 Lembaga akan Dibubarkan Akhir Agustus

Selasa 11 Aug 2020 16:14 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Pemerintah sedang menyiapkan perpres pembubaran lembaga negara tahap kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah sedang menyiapkan rancangan peraturan presiden (perpres) untuk pembubaran lembaga negara tahap kedua. Tjahjo mengatakan, perpres akan diikuti dengan pembubaran 13 lembaga nonstruktural.

"Nanti Insyaallah akhir bulan ini akan ada 11 sampai 13 lembaga, badan, komite  yang akan kita hapuskan,” ujar Tjahjo saat rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi yang dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual, Selasa (11/8).

Tjahjo menerangkan, lembaga yang diusulkan dibubarkan atau digabungkan juga ada yang merupakan lembaga yang pembentukannya berdasarkan undang-undang. Meski pembubaran lembaga yang dibentuk oleh UU ini akan membutuhkan proses panjang, KemenPAN-RB tetap merekomendasikan kepada presiden dan wakil presiden adanya pembubaran atau integrasi badan lembaga-lembaga yang dibentuk dengan UU.

Baca Juga

"Perlu waktu, perlu proses karena harus dibahas dgn DPR. Kalau sekarang masih ada 96 dipangkas 18, insya allah akhir bulan ini ada 11-13," katanya.

"Saya kira nanti akan terbentuk sebuah reformasi birokrasi dalam konteks kelembagaan badan yang efektif dan efisien," ungkapnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA