Selasa 11 Aug 2020 15:35 WIB

Mega: Pemimpin Yang Dicintai Rakyat Pasti Terpilih Dua Kali

Pemimpin yang dicintai rakyat tak perlu menggunakan segala cara untuk terpilih lagi.

Rep: Rizkyan Adiyudha / Red: Ratna Puspita
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berharap calon kepala daerah yang direkomendasikannya dapat terpilih dua kali. Menurutnya, hal tersebut berarti membuktikan bahwa mereka dicintai masyarakat.

"Maunya semua pemimpin yang saya pilih dicintai oleh rakyatnya. Pasti, pasti," kata Megawati Soekarnoputri saat mengumumkan calon kepada daerah PDIP di Pilkada, Selasa (11/8).

Baca Juga

Presiden kelima RI ini mengatakan, jika demikian maka tidak perlu menggunakan segala cara untuk mendapatkan kepercayaan rakyat untuk kali kedua. "Tetapi kalau tidak benar apa boleh buat, nah makanya belajarlah banyak-banyak, pimpin rakyatnya dengan penuh kecintaan," kata Mega lagi.

Putri presiden pertama RI ini mengaku mendengarkan aspirasi dan masukan mulai dari ranting hingga DPP sebelum memutuskan memberi rekomendasi kepada kepala daerah tertentu. Karena itu, dia meminta kepala daerah yang telah mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti sekolah partai dengan baik.

Dia mengatakan, sekolah tersebut mengajarkan para calon kepala daerah seni seni memimpin birokrasi, mengerti aspek perencanaan kebijakan. Dia melanjutkan, hal demikian itu nantinya dijalankan melalui kepemimpinan yang efektif.

Dia juga berpesan agar para pasangan calon kepala daerah itu bekerja sama jika terpilih nantinya. Dia mengingatkan agar jangan sampai kedua kepala daerah terpilih nantinya tidak bisa bekerja dengan solid.

"Sering kali kalau sudah jadi, lupa diri. Entah bagaimana apa yang bupatinya apa wakil bupatinya atau kebalikannya antara kedua ini bukannya bekerja sama dengan solid tetapi sudah mulai pecah," katanya.

Seperti diketahui, PDIP kembali memberikan rekomendasi kepada 75 calon kepala daerah guna mengikuti pilkada serentak pada Desember 2020 nanti. Diantara rekomendasi yang diberikan kali ini adalah menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, untuk mengikuti Pilkada kota Medan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement