Selasa 11 Aug 2020 14:29 WIB

PM Inggris Blokir Undangan Rapat Menteri Skotlandia

Muncul gagasan kemerdekaan Skotlandia terhadap Inggris.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.
Foto: ANDREW PARSONS/DOWNING STREET/EPA-EFE
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memblokir rencana untuk mengundang Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon ke rapat kabinet. Demikian laporan surat kabar Financial Times pada Selasa.

Proposal rencana mengundang menteri pertama Skotlandia itu dibuat oleh Menteri Kabinet Inggris Michael Gove sebagai sarana menampung dukungan publik yang meningkat di Skotlandia untuk kemerdekaan.

Baca Juga

Rencana undangan itu bertujuan memberikan pemimpin Partai Nasional Skotlandia kesempatan menyampaikan pendapat secara langsung dalam rapat kabinet yang membahas kebijakan yang berdampak pada seluruh wilayah Inggris.

"Dia (Johnson) tidak menyukai gagasan bahwa Sturgeon dilihat pada tingkat politik yang sama dengannya," kata laporan surat kabar itu yang mengutip sebuah sumber.

Menurut sebuah jajak pendapat baru-baru ini, sebanyak 54 persen warga di Skotlandia menginginkan kemerdekaan, dan hal itu didorong oleh persepsi bahwa pemerintah semi-otonom Skotlandia telah menangani wabah virus Corona lebih baik daripada pemerintah Inggris.

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement