Selasa 11 Aug 2020 14:26 WIB

Kondisi Tiga Pasien Covid-19 di Tasikmalaya Terus Membaik

Tiga pasien itu kemungkinan besar tertular Covid-19 di luar daerah Kota Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
Warga menjalani rapid tes Covid-19 di Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya, Rabu (10/6).
Foto: istimewa
Warga menjalani rapid tes Covid-19 di Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya, Rabu (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat saat ini terdapat tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di rumah sakit. Berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, kondisi tiga pasien positif Covid-19 yang masih dirawat itu terus membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, pihaknya masih terus memantau kondisi tiga orang yang masih dirawat itu. Meski kondisinya membaik, petugas kesehatan harus memastikan kondisi virus itu dalam tubuh pasien dengan melakukan uji usap (swab test) ulang. "Insya Allah secepatnya bisa segera pulang untuk isolasi mandiri," kata dia saat dihubungi wartawan, Senin (10/8).

Uus menjelaskan, tiga pasien itu kemungkinan besar tertular Covid-19 di luar daerah Kota Tasikmalaya. Sebab, aktivitas mereka memang di kabupaten tetangga. 

Menurut dia, pihaknya memang kesulitan melakukan pengawasan pergerakan keluar-masuk Kota Tasikmalaya. Sebab, saat ini tak ada lagi pembatasan di batas kota.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya lebih cenderung melakukan pengawasan di pusat-pusat keramaian, seperti pasar, mal, dan tempat aktivitas publik lainnya. Petugas kesehatan juga terus melakukan swab test di beberapa lokasi."Kita sudah melakukan sampel swab sudah 3.000 sampel. Target kita ingin 7.000 sampel. Itu untuk mengetahui pengendalian di sini aman," kata dia. 

Ia mengingatkan warga untuk terus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Pihaknya akan mengampanyekan penerapan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan juga dikawal oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk penegakan sanksinya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya hingga Senin, terdapat total 38 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 33 orang telah dinyatakan sembuh, tiga orang masih dalam perawatan, dan dua orang meninggal dunia. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement