Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Seluruh Pasien Covid-19 di Aceh Barat Sembuh

Selasa 11 Aug 2020 14:06 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Petugas menyelesaikan pembuatan mural tentang Covid-19 (ilustrasi)

Petugas menyelesaikan pembuatan mural tentang Covid-19 (ilustrasi)

Foto: Prayogi/Republika
Semua pasien Covid-19 yang kita rawat di ruang isolasi sudah sembuh.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Sebanyak empat orang warga asal DKI Jakarta yang menjalani isolasi di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi dan perawatan medis di kawasan Beureugang, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat. Para warga tersebut masing-masing berinisial MA (41), ER (41) serta dua orang anak masing-masing BA (16), serta MF (12) yang tercatat beralamat di Matang Blok M GG II/2, Kecamatan Koja, Jakarta.

“Alhamdulillah, semua pasien Covid-19 yang kita rawat di ruang isolasi sudah sembuh, mereka sudah kita kembalikan kepada pihak keluarga di Aceh Barat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, Selasa (11/8).

Baca Juga

Sebelumnya, kata dia, empat pasien yangterdiri atas ayah, ibu dan dua orang anak asal Kota DKI Jakarta tersebut terpaksa dijemput oleh Tim Gugus Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Aceh Barat, karena kedatangan mereka ke daerah ini pada pertengahan Juli 2020 lalu tidak dilengkapi surat kesehatan yang diterbitkan otoritas terkait atau daerah asal.

Setelah dilakukan tes cepat dan tes usap, satu dari empat warga pendatang tersebut positif Covid-19 tanpa menunjukkan gejala. Sehingga semuanya harus diisolasi di ruangan khusus untuk menghindari penyebaran virus bagi masyarakat lainnya.

Syarifah Junaidah menjelaskan pasien yang sudah sembuh tersebut juga akan segera kembali ke Jakarta usai menjalani isolasi.

Meski sudah berada di lingkungan keluarga di Aceh Barat, pihaknya juga sudah memberi anjuran kepada empat warga ini agar tetap menjalani protokol kesehatan selama berada di rumah, serta menjalani pola hidup bersih dan sehat di dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan demikian, saat ini tidak ada lagi pasien Covid-19 di Aceh Barat,” kata Syarifah Junaidah menambahkan.

Meski pun demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mengimbau kepada masyarakat agar tetap memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan saat berada di luar rumah. Hal ini juga diperlukan agar sebaran virus berbahaya termasuk virus Corona tidak menjangkiti warga lokal di daerah ini, katanya menuturkan.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA