Selasa 11 Aug 2020 13:23 WIB

19 Relawan Mulai Disuntik Uji Klinis Vaksin Covid-19

Dari 19 orang itu, ada diberikan vaksin dan ada yang plasebo

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Relawan Vaksin Covid-19
Foto: Republika
Relawan Vaksin Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 19 orang relawan yang telah dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan diuji usap telah disuntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjajaran (Unpad), Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/8). Di beberapa puskesmas, calon relawan yang telah mendaftarkan diri, sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan dan uji usap.

"19 (suntik vaksin covid-19) di Eijkman," ujar Manajer Penelitian Uji Klinis Vaksin Covid-19, Eddy Fadliana saat dihubungi, Selasa (11/8). 

Baca Juga

Terpisah, Juru Bicara Tim Penelitian Uji Klinis Vaksin Covid-19, dr Rodman Tarigan mengatakan sebanyak 19 orang relawan yang disuntik vaksin Covid-19 dilakukan berdasarkan jumlah sumberdaya peneliti dan agar memudahkan pemberian imunisasi di masing-masing tempat uji klinis vaksin.

"19 orang, sudah diperhitungkan dengan SDM peneliti dan untuk memudahkan pemberian imunisasi di masing-masing site," katanya. Selain itu calon relawan lainnya yang telah mendaftarkan diri diambil uji usap di puskesmas yang telah ditunjuk.

Ia mengatakan, ke 19 relawan yang disuntik itu, ada yang disuntik vaksin Covid-19 dan diberikan plasebo. Menurutnya, mereka pun sudah di tes uji usap dan diperiksa darah. Sedangkan di lima tempat lainnya dilakukan uji usap kepada calon relawan. 

"19 yang ada yang mungkin (disuntik) vaksin atau plasebo sudah di swab dan diambil darah juga yang di Eyckman. 5 site lain hari ini swab," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad hari ini, Selasa (11/8). Sebanyak 1.020 orang calon relawan telah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin covid-19 hingga Senin (10/8).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement