Selasa 11 Aug 2020 12:17 WIB

Guru Besar UMS Jelaskan Konsep Psikologi Akhlaqul Karimah

Secara fundamental akhlak dan moralitas berbeda.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ani Nursalikah
Guru Besar UMS Jelaskan Konsep Psikologi Akhlaqul Karimah
Foto: republika
Guru Besar UMS Jelaskan Konsep Psikologi Akhlaqul Karimah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan mengukuhkan Taufik Kasturi sebagai Guru Besar bidang Ilmu Psikologi Umum. Rencananya, upacara pengukuhan akan dilakukan secara luring di Auditorium Moh Djazman UMS dan daring melalui aplikasi Zoom dan YouTube TV UMS, Kamis (13/8).

Saat ini, Taufik juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan UMS. Dalam upacara pengukuhan nanti, dia akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Psikologi Akhlaqul Karimah untuk Meningkatkan Diri dan Masyarakat".

Baca Juga

"Tema ini sangat urgen dan penting disampaikan, kemudian karena konsep ini belum terjamah dalam dunia psikologi sehingga saya tertarik menyampaikannya," ujarnya seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (11/8).

Taufik menambahkan, ibarat pohon, akhlaqul karimah memiliki tiga bagian, yaitu akar sebagai akidah, batangnya adalah syariah, daun atau buahnya adalah akhlaqul karimah.

"Baik buruk suatu buah tergantung dari batang dan akarnya. Baik buruknya akhlaq tergantung dari aqidah dan syariatnya," kata Taufik.

Taufik menambahkan, secara fundamental akhlak dan moralitas berbeda. Moralitas didasari dari riset para tokoh semata. Sementara akhlak didasari ilmu agama.

Aklaqul karimah juga memegang prinsip keseimbangan. Taufik mengilustrasikan, orang yang terlalu dermawan membelanjakan uang dan menraktir banyak orang tanpa memikirkan kebutuhan pokok sudah tercukupi atau belum, sebagai contoh akhlak yang buruk. Begitu sebaliknya.

"Konsep akhlaqul karimah adalah konsep keseimbangan tidak terlalu ke kanan dan ke kiri," ujar Wakil Rektor 3 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia itu.

Setelah mempelajari akhlak bagi diri sendiri untuk belajar menjadi baik, kemudian tahap selanjutnya memperbaiki keluarga, baru memperbaiki masyarakat. "Maka untuk meningkatkan psikologi akhlaqul Karimah di masyarakat, dimulai dari diri sendiri terlebih dahuku," kata Taufik.

Taufik Kasturi merupakan alumnus psikologi UMS yang pertama mendapat gelar guru besar. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Program Studi Psikologi UMS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement