Selasa 11 Aug 2020 11:35 WIB

Warga RT 13 Pondok Kelapa Sediakan Wi-fi Gratis Bagi Siswa

Penyediaan Wi-fi gratis membantu siswa yang kesulitan mengikuti sekolah jarak jauh.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana siswa belajar dengan memanfaatkan wifi gratis di RT 13 RW 02 Kompleks DKI Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (11/8).
Foto: Meiliza Laveda
Suasana siswa belajar dengan memanfaatkan wifi gratis di RT 13 RW 02 Kompleks DKI Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (11/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19, warga RT 13 RW 02 Kompleks DKI Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur menyediakan Wi-fi gratis bagi anak-anak sekolah guna membantu kelancaran belajar daring.

Ketua RT 13 Pondok Kelapa, Agus Sugianto mengatakan, penyediaan Wi-fi gratis untuk membantu siswa yang kesulitan dalam akses internet untuk sekolah jarak jauh. "Kegiatan Wi-fi gratis ini yang ada di RT 13 untuk membantu warga. Juga untuk membantu seluruh warga di lingkungan RW 02 umumnya di Kelurahan Pondok Kelapa," kata Agus pada Selasa (11/8).

Wi-fi tersebut disediakan berjumlah empat buah dengan kapasitas 30 hingga 75 megabits per second (Mbps).

Sasaran siswa bervariasi, yakni sekolah dasar (SD) hingga mahasiswa. Penyediaan Wi-fi gratis telah dimulai sejak 13 Juli lalu.

Selain itu, menurut Agus, ada juga sumbangan makanan ringan bagi siswa dari warga setiap Jumat dan Senin. Sehingga hal itu membuat siswa menjadi lebih betah belajar. "Ada juga sumbangan dari warga. Setial jumat siswa dapat susu. Kalau Senin dapat kacang ijo," ujar dia.

Wi-fi gratis ini dapat menampung sekitar 50 orang. Agus menjelaskan, ide penyediaan gratis berawal dari inisiatif warga setempat untuk bersedekah di tengah pandemi Covid-19, dengan melihat kondisi banyaknya anak sekolah yang orang tuanya kesulitan membelikan kuota internet. Sebagian besar, lanjut dia, siswa di sini ada yang anak yatim dan kurang mampu.

"Awalnya ide dari warga, yuk kita bersedekah karena kondisi lagi sulit. Jadi dari situ kita coba bersdekah," jelas Agus.

Dia berharap, adanya penyediaan Wi-fi gratis ini dapat membuat siswa sekolah yang mengalami kesulitan dalam akses internet dapat terbantu dan dapat menunjang prestasi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement