Selasa 11 Aug 2020 09:57 WIB

IHSG menguat Didongkrak Sentimen Positif Dalam Negeri

Pergerakan pasar saham domestik hari ini mendapat pengaruh positif dalam negeri.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Indeks saham Selasa (11/8) dibuka menguat 0,59 persen atau naik 30 poin ke level 5.188,19.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Indeks saham Selasa (11/8) dibuka menguat 0,59 persen atau naik 30 poin ke level 5.188,19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona positif pada perdagangan Selasa (11/8). Indeks saham dibuka menguat 0,59 persen atau naik 30 poin ke level 5.188,19. IHSG melanjutkan penguatan dari perdagangan sebelumnya yang ditutup menguat 0,27 persen. 

Kepala riset Samuel Sekuritas Indonesia, Suria Dharma mengatakan, pergerakan pasar saham domestik hari ini mendapat pengaruh dari sentimen positif dalam negeri. Diantaranya yaitu uji coba klinik tahap 3 vaksin Bio Farma yang dimulai hari ini terhadap 1.620 relawan.

Baca Juga

Selain itu, pemeringkat utang internasional Fitch mempertahankan rating Indonesia di posisi ‘BBB’ dengan proyeksi stabil. "IHSG diproyeksi menguat setelah Fitch pertahankan rating Indonesia," kata Suria, Selasa (11/8). 

Penguatan IHSG juga didorong oleh kabar gaji PNS ke-13 yang mulai dicairkan. Penambahan penerima bansos karyawan non BUMN dan non PNS dari 13,8 juta pekerja menjadi 15,7 juta pekerja juga menjadi sentimen positif bagi pasar.

Sementara itu, dari pasar global, bursa AS ditutup variatif dengan Dow Jones  menguat 1,3 persen, S&P 500  menguat 0,28 persen dan Nasdaq terkoreksi 0,4 persen. Suria melihat, pelaku pasar mulai mengalihkan perhatian dari saham teknologi dan kembali ke pandangan makro. 

"Hal ini didukung data ekonomi Juli AS yang membaik dan merespon executive order oleh presiden Trump dalam rangka memperpanjang bantuan untuk masyarakat AS," tutur Suria.

Pagi ini Indeks Nikkei dibuka dan diperdagangankan di zona positif atau menguat 0,9 persen, sama halnya dengan Indeks Kospi yang naik 0,9 persen. Suria memproyeksi IHSG pada perdagangan hari ini dapat kembali melanjutkan penguatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement