Selasa 11 Aug 2020 09:20 WIB

Pesawat Tempur Golden Eagle yang Tergelincir Rusak Berat

Pesawat Tempur Golden Eagle hendak melakukan latihan rutin

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Esthi Maharani
Pesawat tempur T-50i Golden Eagle TNI AU
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pesawat tempur T-50i Golden Eagle TNI AU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (AU), Marsma TNI Fajar Adriyanto, menerangkan, kondisi pesawat tempur jenis T-50 Golden Eagle yang tergelincir dalam kondisi rusak berat pascakejadian. Pihaknya sudah menurunkan tim investigasi untuk mencari tahu secara pasti penyebab dari tergelincirnya pesawat tersebut termasuk kelaikan pesawat.

"Rusak berat, nanti dalam investigasi penyebabnya apa, pilotnya sedang dirawat. Kita punya tim investigasi," tutur Fajar saat dikonfirmasi, Selasa (11/8).

Dia juga mengatakan, pesawat tempur yang tergelincir di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Senin (10/8), itu hendak melakukan latihan rutin. Pesawat tergelincir ke luar landasan saat sedang hendak terbang. Menurut Fajar, dua pilot yang ada di pesawat tersebut berhasil selamat dari kejadian itu.

"Itu pesawat dalam rangka latihan normal, sehari-hari, nah saat akan take off keluar landasan, itu siswa (TNI AU), belakangnya instruktur," jelas Fajar.

Menurut Fajar, pesawat tersebut berisi dua orang pilot yang terdiri dari siswa pilot TNI AU dan instrukturnya. Mereka hendak belajar menggunakan pesawat tempur. Namun, kejadian naas tersebut terjadi. Meski begitu, Fajar menuturkan, keduanya berhasil selamat keluar pesawat.

"Keduanya keluar pesawat, ada luka ringan, selamat dua-duanya dan sekarang sedang di rawat di rumkit, itu prosedur, nah ini kita lihat itu ada luka luka ringan," ungkap dia.

Pesawat milik TNI AU jenis T-50 Golden Eagle dikabarkan tergelincir di Landasan Udara (Lanud) Iswahjudi Maospati, Kabupaten Magetan, sekitar pukul 13.00 Wib, Senin (10/8). Kabar tersebut dibenarkan Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Widyargo Ikoputra. "Iya memang benar. Jamnya saat Salat Dhuhur. Tergelincir ya, bukan jatuh," ujar Widyargo saat dikonfirmasi.

Dia menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Dia juga menjelaskan bahwa pilot dan kopilot selamat. "Tidak ada korban jiwa. Alhamdulillah semua selamat. Mereka dibawa ke rumah sakit," terang dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement