Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Penalti Fernandes Antar MU Lolos ke Semifinal Liga Eropa

Selasa 11 Aug 2020 04:45 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pemain Manchester United berhasil membobol gawang Copenhagen yang dijaga kiper Kalle Johansson dalam laga perempat Final Liga Europa MU.

Pemain Manchester United berhasil membobol gawang Copenhagen yang dijaga kiper Kalle Johansson dalam laga perempat Final Liga Europa MU.

Foto: EPA/Sascha Steinbach
Satu-satunya gol dicetak pemain MU Bruno Fernandes dari titik penalti

REPUBLIKA.CO.ID, KOLN -- Manchester United lolos ke semifinal Liga Eropa berkat kemenangan 1-0 atas Copenhagen, di Stadion RheinEnergie, Koln, Jerman, Selasa (11/8) dini hari WIB. Kemenangan MU harus ditentukan di babak perpanjangan waktu karena di waktu normal skor berakhir imbang 0-0. Satu gol MU dicetak oleh Bruno Fernandes melalui tendangan pinalti pada menit ke-95.

Manchester United mendapatkan dua peluang saat pertandigan baru berjalan enam menit. Melalui umpan silang Harry Maguire, MU mengancam gawang Kopenhagen namun berhasil menghalau bola sehingga menghasilkan tendangan sudut. Pada menit keenam, giliran Anthony Martial yang meliuk-liuk melewati lawan sebelum akhirnya bola direbut oleh lawan dan ditendang jauh.

Setan Merah menguasai pertandingan di awal laga. Marcus Rashford, Martial dan Bruno Fernandes beberapa kali menghadirkan ancaman. Namun Kopenhagen juga menghadirkan ancaman cukup berbahaya bagi MU.

Pada menit ke-13, Pep Biel melepaskan sodoran bola ke area kotak pinalti MU namun berhasil diintersep. Satu menit berselang Kopenhagen kembali mengancam lewat krosing Nicolai Boilesen.

Kopenhagen terpaksan menarik Boilesen keluar lebih cepat karena mengalami cedera di menit ke-16. Dia digantikan Pierre Bengtsson. Bek MU, Aaron Wan-Bissakan sempat meminta perawatan medis tetapi dia masih bisa melanjutkan pertandingan.

Usaha MU untuk mencetak gol akhirnya berhasil pada menit ke-45 melalui Mason Greenwood.  Namun wasit tak mengesahkan gol tersebut karena dianggap offside. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, MU masih menguasai pertandingan. Mereka mencoba menembus pertahanan Kopenhagen dari berbagai sisi. Hal tersebut memaksan lawan harus bermain lebih bertahan agar gawangnya tak kebobolan.

Greenwood nyaris membawa MU unggul 1-0 pada menit ke-57 jika tendangannya tak membentur tiang kanan gawang. Tak lama kemudian, Rashford mencetak gol namun dianulis wasit karena terjebak offside.

Kopenhagen memberikan ancaman pada menit ke-61 melalui Wind. Tetapi tembakannya masih terlalu mudah bagi Romero untuk menangkapnya. Lima menit berselang, Kopenhagen kembali membuat peluang bagus melalui Oviedo yang berlari masuk ke area pinalti untuk menyambut umpan matang dari rekannya. Namun pemain MU sigap menghalau tendangan Oviedo melalui sleding tekle.

Usaha kedua tim untuk mencetak gol tak membuahkan hasil sampai waktu normal berakhir. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, MU memasukkan Juan Matta menggantikan Greenwood. MU tak mengendorkan serangan. Petaka datang pada Copenhagen setelah wasit memberikan hadiah pinalti kepada MU karena pelanggaran dilakukan oleh Bjelland.

Bruno Fernandes yang bertindak sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya. Fernandes mengarahkan bola ke sisi kiri gawang yang tak bisa dihalau oleh kiper Copenhagen. MU memiliki kesempatan menggandakan keunggulan lewat Mata. Namun tendangannya mengarah ke tengah gawang sehingga bisa digagalkan dengan mudah oleh kiper.

MU berhasil mengamankan skor 1-0 hingga babak pertama perpanjangan waktu. Di babak kedua, MU tak mengendurkan serangan meski sudah unggul.  Sementara Copenhagen mencari celah untuk menyamakan kedudukan.  Hingga akhir laga skor tak berubah untuk kemenangan MU. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA