Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

BWA Gelar Alquran Road Trip Lombok dan Sumbawa

Senin 10 Aug 2020 23:38 WIB

Red: Irwan Kelana

Wakaf Alquran yang disalurkan oleh BWA bahagiakan  santri tahfizh Quran di Lombok dan Sumbawa.

Wakaf Alquran yang disalurkan oleh BWA bahagiakan santri tahfizh Quran di Lombok dan Sumbawa.

Foto: Dok BWA
BWA membawa 30.000 Alquran  wakaf untuk Lombok dan Sumbawa.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Walau masih dalam suasana pandemi covid 19, tidak menyurutkan semangat Badan Wakaf Alquran (BWA)  mendistribusikan  Alquran wakaf demi menyampaikan amanat para wakif dan sahabat BWA ke berbagai daerah di Indonesia yang membutuhkan. Kali ini yang menjadi sasaran distribusi adalah Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Distribusi ke Lombok kali ini merupakan rangkaian dalam kegiatan recovery gempa Lombok tahun 2018. Sejak 2018 telah direalisasikan empat tahap pendistribusian dengan jumlah sudah mencapai 33.400 Alquran  wakaf.

photo
Alquran Road Trip Lombok-Sumbawa yang diadakan oleh BWA disambut baik Pemda setempat.  (Foto: Dok BWA)
“Alhamdulillah pada  tahap kelima tahun 2020 ini, BWA membawa 30.000 Alquran  wakaf lagi.  Rencananya 22.345 Alquran  untuk Lombok dan 7.655 Alquran  untuk Sumbawa.  Jadi total keseluruhan Alquran  yang didistribusikan ke wilayah Lombok sebanyak 55.745 eksemplar,” kata Direktur Program BWA, Hazairin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (10/8).

Ia menjelaskan,  Alquran Road Trip Lombok-Sumbawa dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2020 sampai dengan 19 Agustus 2020. Kali ini tim  BWA bekerja sama dengan beberapa komunitas setempat seperti Komunitas Hijrah, Aliansi Persaudaraan Islam (API), Mualaf Centre, Komunitas Motor Tua, C3 (Clean Cultur Community), Terune Dedare Sasak, Green Generation dan Galena Logistik. Harapannya  dengan banyaknya komunitas lokal terlibat dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan Alquran  di daerahnya masing masing.

“Perjalanan distribusi kali ini, kami akan dibantu oleh beberapa komunitas lokal dan pemda setempat. Semoga Allah mudahkan perjalanan ini dan distribusi wakaf Alquran dapat terlaksana dengan baik. Sehingga,  akan menambah banyaknya qori, qoriah, hafizh  dan hafizhah yang akan dicetak dari kedua daerah ini.  Karena memang Lombok dan Sumbawa merupakan penghasil qori dan hafizh  di Indonesia,” ujar Hazairin.

photo
Sejumlah komunits mendukung kegiatan Alquran Road Trip Lombok-Sumbawa yang diadakan oleh BWA.  (Foto: Dok BWA)
Ia menambahkan, untuk Lombok, insya Allah sudah terlaksana seluruh jumlah penghimpunan wakaf Alqurannya. Sedangkan untuk Sumbawa, dengan targetnya adalah 100 ribu wakaf Alquran, saat ini masih ada kekurangan sekitar 92 ribu an Alquran  lagi. 

“Kami mengajak umat Islam di Indonesia  untuk mendukung kegiatan Wakaf Alquran  ini agar dapat mengangkat dan membantu pendidikan serta pembinaan saudara saudara kita yang ada di Sumbawa khususnya pembinaan Alquran,” tuturnya.

Hazairin menegaskan, BWA mengajak kaum muslimin di mana pun untuk turut serta membantu mewujudkan program pendistribusian dan pengajaran Alquran di Lombok dan Sumbawa. “Insya Allah, sumbangsih yang diberikan akan menjadi amal jariyah yang terus mengalirkan kebaikan berlipat ganda,” paparnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA