Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Langkah Membuat Cold-Brew tanpa Mesin Kopi

Selasa 11 Aug 2020 01:47 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Proses pembuatan cold brew tanpa mesin kopi butuh waktu lama (Foto: ilustrasi cold brew)

Proses pembuatan cold brew tanpa mesin kopi butuh waktu lama (Foto: ilustrasi cold brew)

Foto: pixabay
Namun, proses pembuatan cold brew tanpa mesin kopi butuh waktu lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyeruput segelas kopi cold-brew di tengah cuaca yang panas tentu akan terasa menyegarkan. Meski identik sebagai kopi ala kafe, kopi cold-brew ternyata bisa dibuat dengan cara yang cukup mudah di rumah.

Seperti dilansir Consumer Reports, Selasa (11/8), kopi cold-brew bisa dibuat tanpa menggunakan mesin pembuat kopi atau coffee maker. Beberapa peralatan yang dibutuhkan selain kopi bubuk dan air adalah wadah jar dengan penutup atau teko beling dan penyaring kopi.

Perlu dipahami, proses pembuatan kopi cold-brew tanpa mesin khusus akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Setidaknya diperlukan waktu 12 jam untuk membuat kopi cold-brew tanpa mesin.

Ada enam langkah yang perlu dilakukan untuk membuat kopi cold-brew di rumah. Berikut ini adalah keenam langkah tersebut.

Tahap 1
Pilih wadah jar atau teko beling berpenutup dengan ukuran besar. Setidaknya, wadah yang dipilih bisa menampung tiga cangkir air.

Tahap 2
Masukkan kopi bubuk dan air dingin ke dalam wadah jar atau teko beling. Kopi yang digunakan bisa berupa kopi bubuk biasa atau biji kopi segar yang baru digiling.

Baca Juga

photo
(Foto: ilustrasi cold brew) - (Flickr)
Gunakan sekitar 1/4 pon kopi bubuk untuk setiap tiga cangkir air dingin yang digunakan. Mungkin kopi bubuk ini terlihat banyak bila diseduh dengan air panas. Akan tetapi, proses pembuatan cold-brew dengan air dingin membutuhkan bubuk kopi yang lebih banyak dibandingkan proses menyeduh kopi dengan air panas.

Tahap 3
Aduk bubuk kopi dan air dingin yang sudah dicampurkan ke dalam wadah jar atau teko beling dengan menggunakan sendok. Aduk hingga bubuk kopi larut ke dalam air dingin.

Tahap 4
Tutup wadah dan diamkan kopi dan air dingin tersebut di suhu ruangan setidaknya selama 12 jam. Bila ingin menyimpan wadah di dalam kulkas, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih lama yaitu sekitar 18 jam. Alasannya, proses pembuatan cold-brew akan berjalan lebih lambat di suhu yang dingin.

Tahap 5
Saring kopi cold-brew ke wadah jar atau teko beling yang berbeda dengan menggunakan kertas penyaring kopi. Tuangkan kopi cold-brew secara perlahan saat proses penyaringan agar ampas-ampas kopi bisa tersaring dengan baik.

Tahap 6
Kopi yang dihasilkan melalui proses ini adalah kopi cold-brew berkonsentrasi tinggi. Bagi penggemar kopi dengan rasa kuat, konsentrat kopi cold-brew ini bisa langsung dinikmati dengan penambahan es batu, susu, atau pemanis.

Bila tak terlalu menyukai rasa kopi yang kuat, konsentrat kopi cold-brew ini bisa dicairkan dengan menambahkan air. Rasionya adalah 1:1 atau 1:1,5 untuk kopi cold-brew dan air.

Simpan sisa konsentrat kopi cold-brew ke dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Konsentrat kopi cold-brew ini bisa bertahan hingga dua minggu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA