Senin 10 Aug 2020 20:12 WIB

Peduli Pendidikan, Warga Ratujaya Sedekah Internet

Ini sebagai upaya membantu siswa dalam mengerjakan tugas secara online.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Siswa SD melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan kuota internet secara gratis. Ilustrasi.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Siswa SD melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan kuota internet secara gratis. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Warga Kampung Tertata Bersih dan Nyaman (Setaman), RT 05, RW 07, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, menyediakan internet gratis. Ini sebagai upaya membantu siswa dalam mengerjakan tugas secara online atau dalam jaringan (daring).

"Namun, untuk sementara fasilitas ini dikhususkan bagi siswa SD. Kami menyediakan internet gratis bagi siswa SD di Warung Sembako Sampah Bang Yudi. Bantuan ini diberikan secara cuma-cuma atas dasar keprihatinan relawan terhadap dampak Covid-19, yang juga dirasakan para siswa," ujar Ketua RW 07 Kelurahan Ratujaya, Sanusi, Senin (10/8).

Menurut Sanusi, tidak semua siswa mampu membeli kuota untuk kebutuhan belajar virtual. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif menyediakan fasilitas ini meski jumlahnya terbatas.

"Agar tidak membuat kerumunan dan karena keterbatasan ruang, kami hanya sediakan untuk siswa SD. Biasanya yang datang bisa 15 anak atau lebih. Jika memungkinkan, ke depan kami upayakan juga untuk siswa SMP," jelas Sanusi.

Sanusi menambahkan, adapun syarat bagi siswa yang akan menggunakan internet adalah warga RT 05, RW 07. Selain itu, penggunaan internet hanya diperuntukan sebatas kegiatan belajar. Dengan jadwal dari hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

"Kami juga memberi edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta cara memilah sampah dan mengedukasi manfaat dari sampah, baik plastik maupun sisa makanan (organik). Mudah-mudahan fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin," pungkas Sanusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement