Senin 10 Aug 2020 18:40 WIB

NBA akan Gelar Babak Play-in di Wilayah Barat

Babak play-in NBA mempertemukan peringkat delapan dan sembilan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Logo NBA
Foto: www.free-picture.net
Logo NBA

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Pandemi corona membuat kompetisi bola basket NBA tidak memainkan liga secara penuh. Setelah dihentikan pertengahan Maret lalu, NBA kemudian dilanjutkan akhir Juli. Semua laga digelar dalam satu lokasi di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Tak semua tim yang ikut bertarung dalam NBA Restart. Hanya 22 tim yang berpeluang lolos playoff-lah yang tampil. Wilayah Barat diwakili oleh 13 klub, hanya sembilan dari Wilayah Timur.

Persaingan di Barat memang lebih ketat. Sehingga saat NBA Restart akan dimulai, peringkat 8-13 masih bisa berubah. Aturan ini tentu membuat laga menjadi terpangkas, hitungannya laga berkurang 14 persen. Setiap klub pun tidak sama dalam menyelesaikan musim ini.

Itulah yang dijadikan alasan liga kemudian menetapkan aturan bahwa peringkat delapan harus unggul minimal empat pertandingan dari peringkat sembilan. Jika itu tidak terpenuhi, maka akan digelar babak play-in yang mempertemukan peringkat delapan dan sembilan.

Melihat klasemen hingga hari ini, di Wilayah Timur Orlando Magic yang menempati posisi delapan, unggul jauh 7,5 pertandingan dari Washington Wizards. Jadi tidak akan digelar babak play-in.

Wilayah Barat yang masih seru. Kini masih ada empat tim yang berpeluang lolos playoff, yakni memphis Grizzlies (33-38), Portland Trail Blazers (33-39), San Antonio Spurs (31-38), dan Phoenix Suns (31-29). Dengan menyisakan dua sampai tiga laga lagi posisi masih bisa berubah. New Orleans Pelicans (30-40) dan Sacramento Kings (29-41) sudah tercoret dari persaingan.

Untuk babak play-in, NBA membuat aturan tim peringkat delapan hanya cukup menang satu kali (1-0), sedangkan tim peringkat sembilan harus mencari dua kemenangan. Jadwal babak play-in yang dirilis NBA adalah Sabtu (15/8), dan jika diperlukan akan digelar sehari kemudian.

Pemenang dari babak play-in nanti sudah ditunggu Los Angeles Lakers (51-18) di babak playoff yang menempati peringkat satu Wilayah Barat. Untuk babak playoff akan digelar pada 17 Agustus 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement