Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

ASN Tasikmalaya Menanti Gaji Ke-13 yang Belum Cair

Senin 10 Aug 2020 17:52 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah

Gaji 13 untuk ASN/PNS

Gaji 13 untuk ASN/PNS

Foto: Tim infografis Republika
Belum ada kepastian yang jelas mengenai waktu cairnya gaji ke-13.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Tasikmalaya masih belum menerima pencairan gaji ke-13. Padahal, Kementerian Keuangan menyatakan gaji ke-13 untuk para ASN akan cair pada hari ini. 

Salah salah ASN di Tasikmalaya, Krida (29 tahun) mengaku belum menerima gaji ke-13 hingga saat ini. Menurut dia, belum ada kepastian yang jelas mengenai waktu cairnya gaji ke-13. "Info masih simpang siur. Ada yang bilang minggu depan, ada yang bilang Oktober. Belum ada kepastian. Inginnya sih cepat turun. Belum ada kepastian," kata dia kepada Republika.co.id, Senin (10/8).

Menurut dia, baru pada tahun ini pencarian gaji ke-13 terlambat. Pada tahun sebelumnya, gaji ke-13 biasa turun pada Juni atau Juli ketika ajaran baru sekolah baru dimulai.

Baca Juga

Secara pribadi, Krida memang belum sangat membutuhkan pencarian gaji ke-13. Sebab, saat ini anaknya masih belum memasuki usia sekolah. Namun, setidaknya, dengan cairnya gaji ke-13, ia bisa menabung untuk keperluan pendidikan anaknya yang masih berusia 2 tahun. 

"Kalau butuh ya butuh, tapi kalau negara belum ada anggaran ya mau bagaimana lagi. Mungkim karena ada corona, jadi terlambat cairnya," kata lelaki yang bekerja di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tasikmalaya itu.

Salah satu ASN lainnya, Hendih Junaedi (40) juga belum menerima pencairan gaji ke-13. Berdasarkan informasi yang diterima sebelumnya, gaji ke-13 rencananya akan cair pada akhir Juli. Namun, hingga saat ini gaji ke-13 belum juga cair.  "Setiap oramg pasti ingin secepatnya. Untuk kebutuhan sehari-hari, buat sekolah anak juga," kata dia. 

Ia mengakui, kebutuhan untuk sekolah anak-anaknya memang tak setinggi tahun sebelumnya. Sebab, saat ini anaknya masih belajar dari rumah karena adanya pandemi Covid-19. "Paling yang tinggi internet. Itu juga gak setiap hari. Tapi kan perlu juga untuk kebutuhan," kata dia.

Hendih memiliki tiga orang anak. Anak pertamannya baru memasuki bangku SMP pada tahun ini. Sementara anak keduanya masih SD. Sedangkan anak ketiganya baru masuk. "Mangkanya agak berat karena dua anak saya baru SMP dan TK. Sempet minjam uang juga kemarin," kata dia.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengakui, hingga saat ini pencairan gaji ke-13 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya memang belum dilakukan. Ia belum bisa memastikan kapan gaji ke-13 akan cair. 

"Belum. Masih menunggu arahan pusat," kata dia ketika dikonfirmasi Republika.co.id melalui pesan singkat.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA