Senin 10 Aug 2020 17:32 WIB

Pasar Modal Syariah Berkontribusi pada Pasar Modal Nasional

Sejumlah instrumen tumbuh signifikan baik sukuk maupun reksadana

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Sukuk Ritel (ilustrasi)
Foto: Antara
Sukuk Ritel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bursa Efek Indonesia meluncurkan roadmap pasar modal syariah Indonesia dalam perayaan ulang tahun ke-43 tahun. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Hoesen menyampaikan roadmap tersebut sebagai komitmen regulator untuk terus mengembangkan pasar modal syariah.

Menurutnya, pasar modal syariah telah memegang peranan penting dalam perkembangan pasar modal nasional. "Perkembangan syariah cukup menggembirakan dan cukup jadi perhatian karena ternyata banyak kontribusinya ke beberapa pencapaian kita di pasar modal di tahun ini," katanya dalam konferensi pers perayaan ulang tahun pasar modal Indonesia ke-43 tahun, Senin (10/8).

 

Sejumlah instrumen tumbuh signifikan baik sukuk maupun reksadana. Nilai efek syariah juga tercatat meningkat. Dari sisi data Pasar Modal Syariah, sebanyak 459 efek syariah berupa saham yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES) per 7 Agustus 2020, terdapat 443 saham yang tercatat di BEI dan menjadi konstituen dari Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Sementara Sukuk Korporasi, per 7 Agustus 2020 tercatat ada peningkatan penerbitan Sukuk Korporasi, yakni sebanyak 253 dengan total nilai emisi mencapai Rp 51,89 triliun, naik dari 232 sukuk senilai Rp 48,24 triliun pada akhir tahun 2019. Sementara itu, jumlah reksadana syariah juga mengalami peningkatan, dari sebelumnya 265 menjadi 282 per 7 Agustus 2020.

Dari sisi Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal Syariah,  jumlahnya juga mengalami peningkatan. Pada periode 31 Desember 2019, jumlah ASPM hanya mencapai 92 pihak, namun per 7 Agustus 2020 jumlahnya mencapai 113 Pihak.

Hoesen mengatakan OJK berupaya melakukan pengembangan Pasar Modal Syariah melalui beberapa strategi. Diantaranya penyusunan Modul Pasar Modal Syariah sebagai Materi Pembelajaran Perguruan Tinggi dan penyusunan Roadmap Pasar Modal Syariah 2020-2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement