Senin 10 Aug 2020 16:17 WIB

Mendagri Ajukan Anggaran untuk Gerakan Kelurahan Aman Covid

Kelurahan di perkotaan banyak terdapat permasalahan terkait penanganan Covid-19.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ratna Puspita
Mendagri Tito Karnavian
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Mendagri Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengajukan permohonan anggaran kepada Menteri Keuangan untuk memperkuat kelurahan sebagai basis pertahanan menghadapi pandemi Covid-19. Menurut dia, kelurahan-kelurahan yang berada di perkotaan justru paling banyak terdapat permasalahan terkait penanganan Covid-19. 

"Kami juga sudah mengajukan usulan kepada menteri keuangan, memperkuat juga kelurahan sebagai basis pertahanan juga atau perlawanan Covid-19," ujar Tito dalam rapat koordinasi daring yang disiarkan Kemendagri, Senin (10/8).

Baca Juga

"Kami upayakan termasuk anggarannya mudah-mudahan nanti bisa disetujui. Kami terus berusaha memperkuat kelurahan-kelurahan selain desa-desa," lanjut Tito.

Selain itu, Tito juga akan menindaklanjuti gerakan desa aman Covid-19 untuk dijalankan juga di kelurahan. Jika desa aman Covid-19 menggunakan dana desa, sedangkan kelurahan aman Covid-19 didanai melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), sambil Kemendagri mengajukan anggaran ke Menteri Keuangan.

"Sambil pararel Kemendagri juga mengajukan kepada Kementerian Keuangan untuk mendukung kelurahan-kelurahan di kota-kota untuk membuat gerakan kelurahan aman Covid-19 sekaligus juga bisa dilombakan," kata Tito. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement