Senin 10 Aug 2020 15:16 WIB

Lewandowski Ancam Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Champions

Lewandowski telah mengoleksi 13 gol di Liga Champions musim ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski (atas) merayakan golnya ke gawang Chelsea di Liga Champions. Muenchen lolos ke perempat final untuk berhadapan dengan Barcelona.
Foto: EPA-EFE/PHILIPP GUELLAND
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski (atas) merayakan golnya ke gawang Chelsea di Liga Champions. Muenchen lolos ke perempat final untuk berhadapan dengan Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski mengancam rekor Liga Champions milik Cristiano Ronaldo. Seandainya Lewandowski mencetak lima gol lagi di sisa Liga Champions musim ini, ia akan memecahkan rekor Ronaldo untuk gol terbanyak yang dicetak di turnamen dalam satu musim.

Ronaldo, penyerang asal Portugal, mencetak gol sebanyak 17 kali pada musim 2013/2014. Sementara Lewandowski, pemain internasional Polandia, itu telah mengoleksi 13 gol musim ini. Lewandowski baru-baru ini melihat Ciro Immobile menyusulnya dalam daftar pencetak gol terbanyak Eropa saat penyerang Lazio itu memenangkan Sepatu Emas Eropa.

Namun, seperti dilansir Marca, Senin (10/8), jumlah statistik keduanya agak menyesatkan. Ini karena meskipun Immobile mencetak 36 gol dibandingkan Lewandowski dengan 34 gol, ia melakukannya dalam 37 pertandingan dibandingkan dengan 31 pertandingan milik Lewandowski.

Rasio 1,09 gol per pertandingan dari Lewandowski mengungguli Immobile yang hanya 0,97 gol per laga. Sementara itu, perlu dicatat bahwa Serie A Italia memiliki 20 tim dan Bundesliga Jerman hanya memiliki 18 tim, yang berarti ada empat pertandingan lebih sedikit.

Lewandowski juga mencetak rata-rata 1,85 gol per pertandingan musim ini di Eropa. Pencapaian spektakuler yang menjadi kunci utama Bayern Muenchen lolos ke perempat final.

Selain itu, karena wabah virus corona, penyerang berusia 31 tahun itu tidak akan memiliki kesempatan untuk bermain di perempat final dan semifinal dua leg jika Bavarians maju dalam kompetisi.

Pada tahun 2014, ketika mencetak rekor, Cristiano Ronaldo telah mencetak 14 gol dengan tiga pertandingan tersisa. Yang paling pasti adalah Lewandowski akan menjadi pencetak gol terbanyak musim ini, diikuti oleh Erling Haaland dengan 10 gol. Sementara Memphis Depay dan Gabriel Jesus masing-masing mengoleksi enam gol.

Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions, dengan 17 gol pada 2013/2014, 16 gol pada 2015/2016, dan 15 gol pada 2017/2018. Lewandowski saat ini duduk di urutan kelima dalam daftar pencetak gol terbanyak dalam semusim di belakang Lionel Messi yang mencetak 14 gol pada 2011/2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement