Senin 10 Aug 2020 15:03 WIB

Zola Terkejut Juventus Tunjuk Pirlo Jadi Pelatih

Ini bukan pekerjaan mudah karena Juve menuntut untuk menang setiap saat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Gianfranco Zola
Foto: Peter Powell/EPA
Gianfranco Zola

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda sepak bola Italia, Gianfranco Zola, mengaku terkejut dengan keputusan Juventus untuk menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih tim utama menyusul pemecatan Maurizio Sarri. Pirlo secara sensasional didapuk Juve untuk menukangi Cristiano Ronaldo dkk pada Sabtu (8/8), setelah juara Serie A Italia itu memecat Sarri lantaran Juve tersingkir dari Liga Champions oleh Olympique Lyon.

Pirlo, yang awalnya dipercaya untuk menukangi tim U-23 Juve di Turin, sekarang akan fokus melatih tim senior Bianconeri. Zola, yang pernah bekerja sebagai asisten Sarri di Chelsea pada 2018/2019, mengaku terkejut dengan keputusan Juve.

"Saya akan bohong jika saya mengaku tidak terkejut dengan keputusan ini," ujar Zola kepada Sky Sport dikutip dari Sportskeeda, Senin (10/8).

photo
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. - (EPA/PETER POWELL)

Menurut Zola, ini akan menarik dan jika proyek ini berhasil, itu akan menjadi kisah sukses besar bagi klub. Pasalnya, kata dia, ini bukan pekerjaan mudah, karena Juventus menuntut untuk menang dengan cara tertentu.

"Ini langkah berani dari klub setelah melihat kualitasnya, tapi Pirlo akan membutuhkan dukungan mereka untuk maju. Ini tidak mudah, tapi saya pikir dia bisa meraih sukses nyata," kata Zola.

Pirlo meninggalkan Juve pada 2015 setelah Bianconerri, yang waktu itu mengejar treble, kalah 1-3 dari Barcelona di final Liga Champions. Ia lantas menghabiskan dua tahun terakhir kariernya bersama New York City di kompetisi MLS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement