Ahad 09 Aug 2020 23:55 WIB

Polres Sukabumi Kota Gencarkan Aksi Bebersih Aliran Sungai

Mendorong kesadaran warga agar membuang sampah pada tempatnya.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Polres Sukabumi Kota Gencarkan Aksi Bebersih Aliran Sungai (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polres Sukabumi Kota Gencarkan Aksi Bebersih Aliran Sungai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Beragam cara dilakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya digiatkan puluhan anggota Polres Sukabumi Kota bersama-sama dengan warga desa Jambenenggang Kebonpedes Sukabumi membersihkan Sungai Cimandiri, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (8/8).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni. Di mana puluhan personel Polres Sukabumi Kota tersebut bahu membahu bersama Kades Jambenenggang dan warga sekitar memungut sampah yang mengotori aliran sungai Cimandiri Sukabumi.

''Pada Sabtu, kami jajaran Polres Sukabumi Kota bersama Kades Jambenenggang dan elemen masyarakat, PP, BPPKB dan Perguruan Satria Muda melakukan aksi bersih bersih sungai Cimandiri,'' ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Ahad (9/8). Aksi ini juga dalam rangka persiapan dibangunnya area wisata air di Desa Jambenenggang.

Namun kata Sumarni, kegiatan ini dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Sehingga sejalan dengan upaya mendorong kesadaran warga agar membuang sampah pada tempatnya.

Di sisi lain kata Sumarni, ketika aliran sungai bersih maka akan menjadi daya tarik wisata. Hal ini akan memberikan dampak ekonomi warga sekitar.

Sebelumnya, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni juga melakukan peninjauan Lembur Tohaga Lodaya Bageur yang dibangun Polsek Kebonpedes bekerjasama dengan Kades Jambenenggang dan warga di Bobojong RT 01 RW 06 Desa Jambenenggang Kebonpedes kabupaten Sukabumi pada Senin (3/8) lalu.

Menurut Sumarni, suasana pedesaan yang asri dan bersih hingga polres melirik Sungai Cimandiri yang berlokasi tidak jauh dari Lembur Tohaga Lodaya tersebut, namun tampak kurang terawat dipenuhi sampah. "Saya kemarin meminta Kades untuk membangun kampung wisata air di desa Jambenenggang untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,'' cetus dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement