Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Walau Turun, Pendaftar UII Masih Tinggi

Senin 10 Aug 2020 04:41 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil

Walau Turun, Pendaftar UII Masih Tinggi. FOto: Kampus UII Yogyakarta.

Walau Turun, Pendaftar UII Masih Tinggi. FOto: Kampus UII Yogyakarta.

Foto: Wahyu Suryana.
Pendaftar UII diklaim masih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rektor UII, Prof Fathul Wahid mengatakan, dampak Covid-19 memang sudah terasa ke dunia pendidikan, khususnya bagi perguruan tinggi swasta. Pendaftar, misalnya, walau masih tinggi diakui mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

"Secara umum ada penurunan jumlah pendaftar, tapi mudah-mudahan tidak mempengaruhi target kuota," kata Fathul kepada Republika, Ahad (9/8).

Ia menekankan, jika dilihat dari sisi angkanya masih cukup tinggi karena sekitar 20.000 lebih pendaftar. Kalau dibandingkan tahun lalu sampai pendaftaran ditutup ada sekitar 27.000 calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri ke UII.

Meski begitu, Fathul mengingatkan, masih terdapat waktu sekitar tiga pekan untuk calon mahasiswa baru mendaftarkan diri. Karenanya, ia mengaku masih cukup optimistis target kuota itu masih bisa dicapai selama tiga pekan terakhir.

"Untuk target yang diterima tiap tahun sekitar 5.500an. Kita juga terpengaruh jadwal SBMPTN yang berubah-ubah," ujar Fathul.

Fathul berpendapat, penurunan yang terjadi sangat bisa dipahami. Sebab, orang pasti menghindari atau mengurangi mobilitas fisik dan mobilitas lintas daerah. Lalu, prioritas warga berubah, dan mungkin banyak yang menunda rencana kuliah.

Selain itu, menghindari mobilitas terlalu tinggi mungkin tidak sedikit warga yang memilih kampus-kampus dengan lokasi lebih dekat rumah. Selain S1, UII sendiri kini sedang memantau kebutuhan dari mahasiswa-mahasiswa S2 dan S3.

"Untuk S1 sarjana kita masih bisa menganggap ini sebagai kebutuhan primer, yang menarik untuk magister dan doktoral kan kira-kira menjadi sekunder atau tersier biasanya jadi berbeda, kita sedang pantau itu," kata Fathul.

Sebagai salah satu solusi, PTS-PTS di DIY sendiri menginisiasi satu laman web pendaftaran bersama bernama Jogjaversitas. Menurut Fathul, data terakhir sudah ada 63 PTS yang ikut dengan 300 program studi pilihan.

"Saat ini, calon mahasiswa yang sudah diterima melalui sistem penerimaan mahasiswa baru bersama Aptisi V DIY ini 134 orang," ujar Fathul. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA