Senin 10 Aug 2020 00:51 WIB

Gurgi, Masjid Tertua di Libya

Masjid Gurgi menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Libya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Gurgi, Masjid Tertua di Libya. Foto ilustrasi: Masjid Murad Agha di kota Tajura dekat Ibukota Libya, Tripoli.
Foto: http://en.trend.az
Gurgi, Masjid Tertua di Libya. Foto ilustrasi: Masjid Murad Agha di kota Tajura dekat Ibukota Libya, Tripoli.

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI -- Masjid Gurgi adalah salah satu masjid tertua di Tripoli. Masjid ini terletak di jantung Medina, Kota Tua Tripoli dan bagian dari kompleks bangunan bersejarah. Dilansir di Libyaobserver.ly, masjid ini adalah salah satu tempat wisata paling populer yang dapat dikunjungi di ibu kota Libya dan letaknya dekat dengan Roman Arch of Marcus Aurelius.

Nama masjid ini diambil dari nama Mustafa Gurgi, seorang kapten angkatan laut di era Ustmaniyah yang memberi perintah untuk membangun masjid pada tahun 1834 pada masa pemerintahan Yusuf Pasha Al-Qara Manali. Arsitektur yang indah dan detail yang menghiasi masjid menunjukkan betapa orang Tripoli sangat menghargai arsitektur dan tempat ibadah umat Islam.

Baca Juga

Monumen bersejarah ini menggabungkan geometri Eropa dan Islam, dengan memadukan gaya arsitektur yang beragam dari berbagai peradaban menjadi satu. Dinding dan kolomnya dipercantik dengan marmer alami dan lantainya dilapisi dengan ubin multi-warna, menciptakan karya inspiratif dan menawan.

Fitur penting lainnya dari arsitektur masjid adalah menaranya. Tingginya sekitar 25 meter, dengan dua balkon dihiasi marmer hijau alami. Pintu masuk masjid yang melengkung yang diukir dengan pola bunga, serta ruang salat dengan kolom marmer tinggi merupakan hasil artistik yang berharga.

Masjid Gurgi memiliki 15 kubah yang dihias. Pengunjung dapat menikmati kaligrafi di dinding, terukir dengan ayat-ayat Alquran dalam huruf Andalusia, serta berbagai dekorasi bentuk geometris, tanaman, dan bunga. Seperti masjid klasik yang dibangun ottoman, di halaman masjid juga terdapat makam pendirinya, serta fasilitas lainnya.

Sumber:

https://www.libyaobserver.ly/culture/gurgi-mosque

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement