Ahad 09 Aug 2020 15:30 WIB

PKS-PPP Resmi Usung Mahyeldi-Audy untuk Pilgub Sumbar

Mahyeldi-Audy menjadi pasangan kedua yang telah melakukam deklarasi secara resmi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah
Foto: Republika/Indra Wisnu Wardhana
Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi berkoalisi untuk mengusung pasangan calon Mahyeldi dan Audy Joinaldi untuk Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat 2021-2024. Koalisi kedua parpol ini cukup memenuhi syarat kursi yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). PKS punya 10 kursi dan PPP 4 kursi di DPRD Provinsi Sumbar.

“Kami ingin membangun Sumbar yang madani dan melanjutkan estafet pembangunan yang dilakukan oleh gubernur sebelumnya Bapak Irwan Prayitno,” kata Mahyeldi saat acara deklarasi di Pangeran Beach Hotel Padang, Ahad (9/8).

Deklarasi pasangan calon ini dihadiri oleh perwakilan DPP PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPW PPP Sumbar Hariadi, dan Gubernur Sumbar yang merupakan politikus PKS Irwan Prayitno.

Tifatul Sembiring mengatakan, pasangan Mahyeldi-Audy merupakan representasi tokoh agama dan tokoh milenial. Ia meminta, seluruh kader partai bekerja keras memenangkan pasangan ini pada kontestasi Pilgub Sumbar yang akan dilaksanakan akhir tahun ini.

Tifatul melihat, pasangan Mahyeldi-Audy juga relatif masih muda. Menurut dia, hal ini harus didukung karena kepemimpinan ke depan harus berasal dari kalangan muda. Supaya PKS dan PPP dapat mengorbitkan kalangan muda untuk kancah politik nasional. 

Pada kesempatan yang sama, Irwan Prayitno mengatakan, secara kepartaian, dia mendukung pasangan Mahyeldi-Audy pada Pilgub kali ini. Irwan mengatakan, ikut membantu merancang visi misi pasangan Mahyeldi-Audy. Tapi, Irwan menggarisbawahi, bahwa aktivitas terkait Pilkada ini hanya dia lakukan di saat hari libur. Selebihnya Irwan berkomitmen netral karena sampai saat ini masih berstatus Gubernur Sumbar.

Pasangan Mahyeldi-Audy menjadi pasangan kedua yang telah  melakukam deklarasi secara resmi. Sebelumnya telah ada pasangan Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Partai Gerinda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement