Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

LIVE: Babak Pertama, Barcelona 3-1 Napoli

Ahad 09 Aug 2020 03:07 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Lionel Messi dan para pemain Barca lainnya menghampiri Lenglet seusai mencetak gol pertama kontra Napoli, Ahad (9/8).

Lionel Messi dan para pemain Barca lainnya menghampiri Lenglet seusai mencetak gol pertama kontra Napoli, Ahad (9/8).

Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Sementara Barca unggul agregat 4-2.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Total empat gol tercipta pada babak pertama di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, tepatnya saat Napoli melawat ke markas Barcelona, Ahad (9/8) dini hari WIB. Tim tuan rumah mampu mencatatkan keunggulan, 3-1, atas tamunya. 

Peluang pertama dalam laga yang digelar di Stadion Camp Nou itu justru mampu didapatkan tim tamu. Mendapatkan sodoran umpan terobosan di dalam kotak penalti Barca, Driers Merten melepaskan tendangan. Sayangnya, bola hasil tendangan penyerang asal Belgia itu hanya membentur tiang gawang.

Barcelona akhirnya mampu mencetak gol pertama di laga ini, tepatnya pada menit ke-11. Adalah bek tengah asal Prancis, Clement Lenglet, yang sukses menanduk bola hasil tendangan penjuru, yang dieksekusi Ivan Rakitic. Sundulan keras Lenglet dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau oleh Ospina. 

Sejumlah para penggawa Napoli sempat memprotes gol tersebut lantaran Lenglet terlihat mendorong salah satu pemain Napoli sebelum akhirnya menanduk bola. Namun, setelah melakukan komunikasi dengan petugas Video Assistant Referre (VAR), wasit tetap mengesahkan gol Barcelona tersebut.

Pada menit ke-24, Lionel Messi akhirnya menunjukan magisnya. Merangsek dari sisi kiri pertahanan Napoli, peraih enam gelar Ballon d'Or itu mencoba melewati tiga pemain I Partenepoi. Messi pun sempat terjatuh, tapi masih bisa bangkit, dan langsung melepaskan tendangan melengkung ke arah kanan gawang Napoli.

Bola hasil tendangan Messi tidak mampu terjangkau Ospina dan mendarat mulus ke gawang tim tamu. Blaugerana pun kian menjauh dari Napoli kejaran Napoli, dengan aggregat, 3-1. Dengan keunggulan dua gol dan aggregat 3-1, Barcelona tampil dengan lebih nyaman. Bahkan, pada menit ke-30, tim tuan rumah kembali mencetak gol.

Messi, yang menerima umpan dari Frenkie de Jong, berhasil menahan bola dengan dada tepat di depat mulut gawang Napoli. Dengan mudah, Messi mengangkat bola dan melewati adangan Ospina. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran Messi dinilai telah melakukan handball saat menerima bola dari De Jong.

Namun, Barcelona tetap mampu menambah torehan gol. Penyerang asal Uruguay, Luis Suarez, sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-45. Blaugrana mendapatkan tendangan penalti setelah bek tengan Napoli, Kalidou Koulibaly, melakukan pelanggaran keras terhadap Messi. 

Upaya Napoli untuk merobek gawang Barcelona akhirnya berbuah maksimal. Pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Mertens pada masa injury time membuat wasit menunjuk titik putih. Lorenzo Insigne, yang ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti tersebut, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Gol itu sekaligus menandai berakhirnya babak pertama.

 

 

Susunan Pemain:

 

Barcelona (4-3-3)

Pelatih: Quique Setien

Kiper: Ter Stegen; 

Belakang: Semedo, Pique, Lenglet, Jordi Alba; 

Tengah: Sergi Roberto, Rakitic, De Jong;

Depan: Messi, Suarez, Griezmann

 

 

Napoli (4-3-3)

 

Pelatih: Gennaro Gattuso

Kiper: Ospina; 

Belakang: Di Lorenzo, Minolas, Koulibaly, Mario Rui; 

Tengah: Fabian Ruiz, Demme, Zielinski;

Depan: Callejon, Mertens, Insigne

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA