Sabtu 08 Aug 2020 16:46 WIB

Ratusan Siswa Dapat Pelatihan Operasikan Student Company

Ratusan Siswa Dapat Pelatihan Operasikan Student Company

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Ratusan Siswa Dapat Pelatihan Operasikan Student Company. (FOTO: Istimewa)
Ratusan Siswa Dapat Pelatihan Operasikan Student Company. (FOTO: Istimewa)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Pelajar dari 12 SMA/SMK di Jakarta dan Cileungsi bersaing menunjukkan kepiawaian mengelola usaha mikro berorientasi lingkungan dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2020 yang diselenggarakan secara daring oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citi Indonesia (Citibank), Caterpillar Indonesia, dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia). 

Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan kinerja dari perusahaan yang dikembangkan kepada enam juri dari kalangan profesional bisnis. Kedua belas sekolah tersebut, antara lain SMAN 35 Jakarta, SMAN 71 Jakarta, SMAN 81 Jakarta, SMKN 20 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, SMKN 66 Jakarta, SMAN 1 Cileungsi, SMA Muhammadiyah Cileungsi, SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi, dan MA Al-Fatah Cileungsi.

Baca Juga: Wah, Mantap! Di Sini, Siswa dan Guru Dapat Kuota Internet Gratis

"Tahun ini, lebih dari 250 pelajar di 12 SMA/SMK di Jakarta dan Cileungsi berkesempatan untuk memiliki wawasan dan pengalaman bisnis yang komprehensif dengan mengoperasikan sebuah perusahaan siswa (SC-Student Company) di sekolah," ujar Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner, Sabtu (8/8/2020).

Survei yang dilakukan oleh Cambridge Assessment International Education pada tahun 2019 menunjukkan pelajar Indonesia berusia 13-19 tahun memiliki minat dan perhatian yang besar pada isu global terkait lingkungan.

Sebanyak 21 persen pelajar meyakini polusi (termasuk sampah plastik) adalah masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini. Selain itu, sebagian besar generasi muda Indonesia (sebanyak 93 persen) sangat bersemangat untuk menangani masalah ini dan telah melakukan aksi nyata, seperti mengubah gaya hidup yang berdampak pada lingkungan.

"Bisnis yang diinisiasi oleh generasi muda Indonesia semakin menunjukkan tren yang positif akhir-akhir ini. Meningkatnya minat berwirausaha ini perlu diikuti dengan kesadaran untuk mengelola bisnis secara bertanggung jawab," kata Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A. Anjungsari.

Melalui program ini, para pelajar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Selama periode program, proses pendampingan bisnis secara intensif dan berkelanjutan juga diberikan oleh mentor PJI dan profesional bisnis.

Kedua belas sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Jakarta’ dalam kompetisi ini. Tiga sekolah terbaik akan mewakili DKI Jakarta untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company of the Year Competition 2020, yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement