Sabtu 08 Aug 2020 10:42 WIB

Mark Zuckerberg Masuk Jajaran Tokoh Centimiliarder

Mark Zuckerberg menjadi tokoh centimiliarder termuda.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Mark Zuckerberg.
Foto: EPA
Mark Zuckerberg.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg resmi masuk dalam jajaran centimiliarder. Hal itu lantaran kekayaan Zuckerberg telah melampaui 100 miliar dolar AS untuk pertama kalinya.

Dilansir The Guardian, Jumat (7/8), kekayaan Zuckerberg memuncak setelah saham Facebook melonjak akibat sentimen dari langkah Facebook yang bakal meluncurkan saingan untuk aplikasi berbagi video TikTok.

Baca Juga

Facebook mengumumkan peluncuran Instagram Reels di AS sebagai saingan untuk aplikasi China TikTok. Respons itu dikeluarkan ketika Presiden AS Donald Trump mengeluarkan larangan pada perusahaan Amerika yang bertransaksi dengan perusahaan induknya yakni ByteDance serta Tencent yang memiliki layanan perpesanan WeChat.

Zuckerberg memiliki 13 persen saham di Facebook dan kekayaan bersihnya melampaui 100 miliar dolar AS juga karena saham di jejaring sosial melonjak 6 persen karena optimisme investor atas prospek saingan TikTok.

Pria berusia 36 tahun itu bergabung dengan pendiri Amazon, Jeff Bezos, dan Bill Gates pendiri Microsoft, sebagai satu-satunya orang yang berstatus menurut Bloomberg Billionaires Index sebagai centibillionaire. Istilah yang biasa digunakan bagi mereka yang memiliki kekayaan bersih lebih dari 100 miliar dolar AS.

Ada lonjakan pendapatan penggunaan untuk perusahaan teknologi seperti Apple, Amazon, Google, dan Facebook karena publik telah beralih ke online saat berada dalam kondisi lockdown selama pandemi virus corona.

Kekayaan bersih Zuckerberg telah meningkat sekitar 22 miliar dolar AS tahun ini, sementara kekayaan Bezos melonjak lebih dari 75 miliar dolar AS. Apple bisa mencapai valuasi 2 triliun dolar AS dalam perdagangan pada hari Jumat, perusahaan AS pertama yang mencapai tonggak sejarah seperti itu.

Senator AS Bernie Sanders ingin memperkenalkan undang-undang untuk mengenakan pajak atas apa yang disebutnya "perolehan kekayaan yang tidak senonoh" selama krisis virus korona, meskipun ekonomi AS menyusut pada laju tercepat dalam catatan.

Regulasi "Undang-Undang Bayar Miliarder" akan memberlakukan pajak 60 persen atas perolehan kekayaan yang dilakukan oleh orang super kaya dari 18 Maret hingga akhir tahun. Pendapatan tersebut akan digunakan untuk menutupi biaya perawatan kesehatan warga AS yang berjuang untuk membayar.

Lima perusahaan teknologi AS terbesar - Amazon, Apple, induk Google, Alphabet, Facebook dan Microsoft - memiliki penilaian pasar yang setara dengan sekitar 30 persen dari produk domestik bruto AS. Nilai gabungan mereka hampir dua kali lipat dalam dua tahun terakhir.

Zuckerberg, yang mendirikan Facebook saat kuliah pada tahun 2004, mengatakan bahwa dia akhirnya berencana untuk membagikan 99 persen dari saham Facebook-nya selama hidupnya melalui yayasan amal yang dia dirikan bersama istrinya, Priscilla Chan.

Pada hari Kamis (6/8), Trump mengumumkan larangan besar-besaran terhadap perusahaan AS yang bertransaksi dengan ByteDance saat Microsoft menegosiasikan potensi akuisisi operasi TikTok di AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

ByteDance menghadapi tenggat waktu 15 September untuk menjual operasinya di AS ke Microsoft, atau perusahaan AS lain seperti Apple, atau menghadapi larangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement