Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

'Budidaya Lebah Trigona Tingkatkan Produktivitas Masyarakat'

Jumat 07 Aug 2020 20:07 WIB

Red: Fernan Rahadi

Budidaya ternak lebah trigona.

Budidaya ternak lebah trigona.

Foto: dokpri
Lebah trigona tidak menyengat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Budidaya ternak lebah trigona berpotensi menjadi primadona di masa pandemi. Madu Lebah Trigona merupakan dibalik suplemen konsumsi kesehatan masyarakat seperti propolis dan bee polen. 

Budidaya lebah trigona ini dirasa mampu meningkatkan produktivitas masyarakat selama beraktivitas di rumah saja, yang mana juga bisa membawa keuntungan yang banyak. Pemilik perusahaan yang bergerak di bidang peternakan lebah trigona, CV Trigona Sukses Abadi, Misbahus Surur, mengenalkan usaha budidaya lebah trigona yang ternyata mudah serta menguntungkan.

"Banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dari berusaha ternak budidaya lebah trigona ini antara lain usaha ini hanya membutuhkan modal yang relatif sedikit," kata Misbahus dalam siaran persnya, Jumat (7/8).

Selain itu, usaha ini dikenal dengan usaha yang tidak rumit. Lebah trigona pun tidak menyengat. "Untuk harga madunya pun lebih tinggi dibanding madu lebah lainnya. Sedangkan permintaan pasar untuk madu lebah trigona atau klanceng ini sangat tinggi," ujarnya.

CV Trigona Sukses Abadi membuka program kemitraan untuk budidaya ternak lebah trigona. Perusahaan ini telah bekerja sama dengan banyak mitra peternak lebah. 

"Tiap mitra akan mendapatkan keuntungan serta diberikan garansi. Banyak mitra telah bergabung dan telah mendapat keuntungan tiap kali panen dari hasil budidaya lebah trigona," katanya.

Misbahus selaku pemilik Trigona mengatakan perusahaan CV Trigona Sukses Abadi mengajak para peternak mandiri untuk bergabung menjadi mitra. Tentu dengan berbagai keuntungan yang diberikan oleh perusahaan melalui program kemitraan budidaya lebah trigona.

"Kami ingin mengenalkan peluang usaha budidaya lebah trigona dan kemudahan dalam pemasaran hasil panennya melalui perusahaan kami," ujar Misbahus.

Selain itu, manfaat budidaya lebah trigona juga tidak serta merta hanya untuk mendapatkan keuntungan berupa uang saja. Tetapi juga ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari usaha budidaya lebah trigona yaitu manfaat ekologis, proses penyerbukan oleh lebah trigona dalam upaya memaksimalkan potensi hasil alam. 

"Selanjutnya manfaat ekonomi, Produk-produk lebah trigona yang memiliki nilai ekonomi sebagai sumber penghasilan dan sebagainya. Selain itu juga budidaya lebah trigona terbukti mampu ikut andil dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA