Jumat 07 Aug 2020 15:42 WIB

Distan Banten Siapkan Pompa Air Antisipasi Kekeringan

Di beberapa wilayah di Banten, musim kemarau sudah terjadi sejak akhir Juli

Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten menyiapkan ratusan pompa air dan embung guna mengantisipasi kekeringan tanaman padi memasuki musim kemarau. Foto ilustrasi sawah terkena dampak kekeringan.
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten menyiapkan ratusan pompa air dan embung guna mengantisipasi kekeringan tanaman padi memasuki musim kemarau. Foto ilustrasi sawah terkena dampak kekeringan.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten menyiapkan ratusan pompa air dan embung guna mengantisipasi kekeringan tanaman padi memasuki musim kemarau yang terjadi sejak akhir Juli 2020.

"Memang ada kekhawatiran kemarau panjang sesuai dengan perkiraan FAO. Kita sudah siapkan langkah antisipasi karena memang ini juga kita siapkan rutin setiap tahunnya," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid di Serang, Jumat (7/8).

Baca Juga

Agus mengatakan, di beberapa wilayah di Banten, musim kemarau sudah terjadi sejak akhir Juli dan secara umum terjadi pada awal Agustus 2020. Namun demikian, masih ada beberapa wilayah yang masih terjadi hujan dan para petani juga masih ada yang panen.

"Langkah pertama adalah perbaikan irigasi tersier serta percepatan jaringan irigasi tersier dengan total untuk pengairan seluas 1.655 hektare," kata Agus Tauchid.

Agus mengatakan, percepatan jaringan irigasi tersier untuk pengairanseluas 1.655 hektare sawah dialokasikan tersebar di Kabupaten Lebak seluas 700 hektare, di Kabupaten Lebak seluas 700 hektare dan di Kabupaten Serang seluas 255 hektare.

Upaya berikutnya, kata Agus, irigasi perpompaan yakni menaikkan air sungai dengan bantuan pompa yang berukuran besar serta penampungannya. Upaya ini terutama di lokasi-lokasi yang terdapat aliran sungai dengan satu penampungan mampu mengairi 50 sampai 100 hektare.

"Semuanya ini ada 13 unit, di antaranya untuk Kabupaten Pandeglang 4 unit, Kabupaten Serang 3 unit dan Kabupaten Lebak 4 unit," kata Agus.

Selanjutnya bantuan embung air sebanyak 5 unit yakni akan disiapkan untuk di Kabupaten Pandeglang 2 unit mebung dan di Kabupaten Lebak 3 unit. Satu embung air akan mampu mengairi sekitar 25 hektare sawah.

"Kami juga melakukan irigasi perpipaan yakni memindahkan sumber air melalui pipa, dengan catatan ada sumber air yang lebih tinggi posisinya untuk disalurkan ke sawah," katanya.

Sedangkan keseluruhan pompa air yang disiapkan di Distan Banten sebanyak 271 unit, belum termasuk alat-alat yang secara swadaya dimiliki oleh petani serta birgade alsintan yang dimiliki oleh masing-masing Dinas Pertanian kabupaten/kota di Banten.

"Jika upaya ini optimal dilakukan maka setidaknya akan mampu mencakup sekitar 15.980 hektar sawah dari total angka tanam sekitar 150 ribu hektar. Jadi akan mampu menekan angka kekeringan sekitar 10 persen dari angka tanam," kata Agus M Tauchid.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement