Jumat 07 Aug 2020 14:50 WIB

Perpustakaan Keliling Jangkau Warga Binaan Lapas Sukabumi

Layanan perpustakaan keliling akan dilaksanakan dua pekan sekali di Lapas Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Mas Alamil Huda
Anak-anak mencari  buku bacaan di perpustakaan keliling. (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Anak-anak mencari buku bacaan di perpustakaan keliling. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Layanan perpustakaan keliling menjangkau Lapas Kelas IIB Sukabumi. Harapannya sarana tersebut dapat meningkatkan minat baca para warga binaan pemasyarakatan.

Keberadaan layanan ini ditandai dengan kedatangan mobil perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Jumat (7/8). Rencananya layanan perpustakaan keliling akan dilaksanakan dua pekan sekali di Lapas Sukabumi yakni setiap hari Jumat pekan pertama dan ketiga, dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

''Layanan perpustakaan keliling ke Lapas Sukabumi diinisiasi Lapas sejalan dengan pembinaan kepribadian meningkatkan kemampuan intelektual melalui minat baca warga binaan pemasyarakatan,'' ujar Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Yosafat Rizanto, Jumat. Hasilnya, para warga binaan sangat antusias memilih bahan bacaan dengan mengisi buku peminjaman yang tersedia.

Dalam waktu dekat juga, kata Yosafat, akan ditempatkan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di lingkungan Lapas Sukabumi. Upaya ini sebagai salah satu dukungan Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi terhadap penyediaan bahan bacaan bagi warga binaan.

Targetnya, kata Yosafat, sejumlah upaya ini mampu meningkatkan kerja sama dan berkolaborasi dengan stakeholder dalam bidang pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan. Selain itu meningkatkan layanan pemasyarakatan khususnya pembinaan berbasis HAM dengan menyediakan bahan bacaan bagi Warga Binaan Lapas Sukabumi..

Di sisi lain, ungkap Yosafat, kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kualitas pembinaan kepribadian dan kemampuan intelektual melalui minat baca. Sehingga dapat menjadi bekal ketika WBP ketika keluar dari Lapas.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi Gabril M Sukarman mengatakan, pihaknya sangat bersyukur masih ada instansi pemerintah yang meminta adanya layanan perpustakaan keliling. '' Kami berharap kerjasama ini besa berjalan dengan baik dan berkelanjutan,'' cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement