Jumat 07 Aug 2020 12:21 WIB

MTF Raih Dana Rp 858 Miliar dari Obligasi Berkelanjutan V

Dana hasil penerbitan obligasi untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan kendaraan bermotor

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
PT Mandiri Tunas Finance (MTF) menambah permodalan melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020.
Foto: mtf.co.id
PT Mandiri Tunas Finance (MTF) menambah permodalan melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mandiri Tunas Finance (MTF) menambah permodalan melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020. Direktur Keuangan MTF Armendra mengatakan perusahaan telah meraih dana senilai Rp 858 miliar penerbitan obligasi tersebut. 

Armendra menambahkan dana ini nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan kendaraan bermotor. Dengan demikian MTF dapat mempertahankan posisi perusahaan tetap kuat terutama dari sisi finansial.

Baca Juga

"Ini sejalan dengan kebutuhan likuiditas perusahaan saat ini,” kata Armendra dalam keterangan tertulis, Jumat (7/8).

Penerbitan Obligasi ini terdiri dari dua seri, yaitu Obligasi Seri A dan Seri B. Obligasi Seri A memiliki jumlah pokok sebesar Rp 472 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,00 persen per tahun dan berjangka waktu tiga tahun. Obligasi seri B memiliki jumlah pokok sebesar Rp 386 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,60 persen per tahun dan berjangka waktu lima tahun. 

Pembayaran obligasi seri A maupun seri B, dilakukan secara penuh sebesar 100 persen dari jumlah pokok. Sementara Bunga Obligasi dibayarkan setiap tiga bulan sejak Tanggal Emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing Bunga Obligasi. 

Pembayaran Bunga Obligasi pertama akan dilakukan pada 13 November 2020, sedangkan pembayaran Bunga Obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo Obligasi masing-masing adalah pada tanggal 13 Agustus 2023 untuk Obligasi Seri A dan 13 Agustus 2025 untuk Obligasi Seri B. Pembayaran Obligasi dilakukan secara penuh pada saat jatuh tempo. 

Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020 ini telah mendapat pernyataan efektif pada 6 Agustus 2020, memasuki masa penawaran pada 10 Agustus 2020, dengan penjatahan 11 Agustus 2020. Distribusi obligasi secara elektronik akan dilaksanakan pada 13 Agustus 2020 dan akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 14 Agustus 2020. 

Penerbitan obligasi ini didukung antara lain oleh PT Mandiri Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) 

Tbk sebagai wali amanat. Obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance dengan target dana yang akan dihimpun sebesar Rp 5 triliun.

Obligasi ini mendapat peringkat idAA+ dengan outlook stabil dari Lembaga Pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Peringkat tersebut termasuk dalam kategori empat peringkat teratas yang merupakan urutan empat peringkat terbaik dan masuk dalam kategori peringkat layak investasi berdasarkan standar yang dimiliki oleh Perusahaan Pemeringkat Efek. 

Dana yang diterima dari hasil penawaran umum obligasi ini, setelah dikurangi biaya-biaya Emisi, seluruhnya akan dipergunakan untuk digunakan sebagai modal kerja untuk pembiayaan kendaran bermotor perseroan. Apabila dana hasil Penawaran Umum Berkelanjutan belum dipergunakan seluruhnya, maka penempatan sementara dana hasil Penawaran Umum Berkelanjutan tersebut akan dilakukan Perseroan dengan memperhatikan keamanan dan likuiditas serta dapat memberikan keuntungan finansial yang wajar bagi perseroan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement