Jumat 07 Aug 2020 07:24 WIB

BMH Salurkan Hewan Qurban dan Bangun Sumur Bor

Berqurban melalui BMH ada dua manfaat ganda.

BMH Jawa Timur menyalurkan daging kurban dan membangun sumur bor di wilayah Tuban.
Foto: Dok BMH
BMH Jawa Timur menyalurkan daging kurban dan membangun sumur bor di wilayah Tuban.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN -- Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) melalui Qurban Berkah Nusantara telah mendistribusikan daging hewan qurban untuk daerah kekeringan & desa krisis air bersih pada Idul Adha 1441H.

Hewan qurban yang merupakan amanah dari ribuan pequrban yang telah menunaikannya melalui Laznas BMH tersebut dibagikan menyeluruh yakni meliputi 30 kabupaten/kota, 47 desa krisis air bersih, 173 desa binaan di pelosok, 73 pesantren dan  panti asuhan serta 241 Dai Tangguh yang berdakwah di pedalaman. Secara keseluruhan, jumlah penerima manfaat mencapai  97.625 orang.

Ustadz Nizar, salah satu koordinator penerima manfaat hewan qurban Laznas BMH yang ada di Modo, Lamongan, Jawa Timur. Ia sangat senang dengan adanya bantuan dari Laznas BMH berupa distribusi daging kurban untuk warga sekitarnya yang tidak pernah menerima daging qurban.

"Saat ini ada Sembilan  dusun yang kita cover menerima penyaluran daging qurban dari Laznas BMH.  Yaitu,  Dusun Nglayut, Mejeruk, Kalibanjar, Kedungrejo, Graman, Jati Payak, Pulorejo, Banjaringas, Buludoro,” kata Ustadz Nizar dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

 

photo
BMH Jawa Timur menyalurkan daging qurban kepada warga Lamongan.  (Foto: Dok BMH)

Ia menambahkan. bahkan di beberapa dusun tersebut, Laznas BMH juga membantu mendirikan sumur bor untuk kebutuhan warga seperti mandi, memasak, mencuci dan juga mengairi sawah warga.

Selain itu, Imam Muslim selaku kepala Divisi Program & Pendayagunaan Laznas BMH Jawa Timur menegaskan bahwa pihaknya memberikan dua manfaat ganda berkurban tahun ini melalui Laznas BMH.

"Dengan partisipasi donatur dan dermawan yang berqurban melalui BMH, selain berbagi daging qurban juga telah membantu mewujudkan warga daerah kekeringan dengan pembuatan sumur bor,"ungkap Muslim

"Saat ini sudah ada 16 sumur bor yang sudah BMH selesaikan di tahap pertama ini. Yaitu di 16 Deda krisis air bersih yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Jawa Timur," imbuh Muslim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement