Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Gerakan Pembagian Jutaan Masker oleh PKK Tuai Ragam Dukungan

Jumat 07 Aug 2020 05:35 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Ketum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian  (tengah) bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Ketum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian (tengah) bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Foto: Dok. Ist
Presiden Jokowi menginstruksikan pembagian jutaan masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi mengarahkan PKK Seluruh Indonesia untuk melakukan gerakan pembagian masker. Menindaklanjuti arahan Ini, Ketum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian melakukan aksi cepat. Dalam sepekan terakhir, pembagian ribuan masker dilakukan di Johar Baru, Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan menghadiri peresmian pembagian 2,5 juta masker bersama Pemda Indramayu.

Mencermati hal ini, Varhan Abdul Aziz, selaku Sekretaris Eksekutif Indonesia Bureucracy and Service Watch (IBSW), memberikan tanggapannya.

"Keputusan Jokowi ini tepat , karena melibatkan satuan Ibu - ibu PKK yg memiliki jaringan  kuat sampai ke kader Tingkat RT. Artinya, gerakan pembagian masker dapat menjadi masif dan tepat sasaran," ujar Varhan, Kamis (6/8).

Varhan juga mengapresiasi Ketua Umum PKK yang bergerak cepat.  "Sehabis diperintahkan Presiden , langsung bergerak," kata duan

"Mengaoa harus PKK? Karena kader-kader ini terbukti berhasil mendampingi masyarakat. Program pendampingan BPJS, Posyandu, Posbindu, dan berbagai program lain , sangat menyentuh masyarakat dan ini juga didukung oleh PKK," ujarnya.

Lebih lanjut Varhan menyampaikan, unsur terdekat dengan keluarga adalah ibu, mereka juga aktif bersosialisasi dengan lingkungan kala ayah mencari nafkah. 

"Maka seluruh Kementerian  dan Lembaga serta SKPD harus juga melibatkan Dharma Wanita, Persit , Bhayangkari dan organisasi kewanitaan lainnya," kata Varhan.

Senada dengan Varhan, dukungan juga disampaikan Ketua Umum Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Nurchasanah.

"Sebagai seorang Mahasiswi Pascasarjana UIN, yg juga aktivis dan akan menjadi ibu, saya salut dengan gerakan Ketua Umum TP PKK ini yang langsung total action jalankan arahan Presiden Jokowi," ujar Nurchasanah.

"Arahan Presiden memang tepat, tapi jika tidak ditindaklanjuti ya percuma, ini publik melihat Ibu Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian mampu menggerakkan PKK. Walau ini tahap awal tapi dengan teladan yang ditunjukkan menjadi baik sekali," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA