Jumat 07 Aug 2020 05:29 WIB

Atasi Masalah Ekonomi, Rumah Zakat Bantu Beri Modal Usaha

Modal usaha diberikan untuk membantu pelaku usaha kecil menjalankan usaha kembali

Rumah Zakat beri bantuan modal usaha.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat beri bantuan modal usaha.

REPUBLIKA.CO.ID, ROKAN HULU -- Bantuan modal usaha kembali disalurkan oleh Rumah Zakat kepada penerima manfaat di Desa Sukadamai, Kecamatan Ujungbatu. Modal usaha ini diberikan dengan maksud untuk membantu pelaku usaha kecil menjalankan usahanya kembali setelah beberapa bulan tidak berjalan karena habisnya modal usaha yang dipergunakan untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Busman salah seorang penerima manfaat menuturkan betapa sulitnya menjalankan usaha martabak telur dan roti cane yang sudah kurang lebih 4 tahun beliau jalani. Modal yang tidak cukup menyebabkan bahan baku yang dijual pun sedikit dan hal ini sering membuat pelanggan harus kecewa, sementara usaha beliau cukup diminati para pelanggan.

"Terkadang untuk makan saja, karena tidak ada sayur ataupun lauk yang dimasak, ke empat anaknya pun harus makan nasi dengan martabak telor yang mau dijual," ungkapnya.

Sama halnya dengan Susilawati, semenjak pemberlakuan dan pemberhentian PSBB kemarin hingga kini, ekonomi keluarganya belum juga pulih dan tak tau kapan akan segera membaik. Pendapatan suami yang berprofesi sebagai pedagang bakso keliling menurun tajam.

"Kurang lebih dua bulan belakangan ini usaha itu kembali di coba berjalan dengan modal seadanya dan dengan target penjualan kepada masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggal. Namun peminatnya tidak banyak dan penghasilan jauh dari kata cukup. Bahkan terkadang dagangan dibawa kembali kerumah tanpa ada yang membeli" tutur Susilawati.

Dengan adanya bantuan modal usaha yang diberikan kepada penerima manfaat, baik Busman dan Susilawati, merasa sangat senang dan haru. Mereka bersemangat untuk menjalankan usahanya dan berharap modal yang diberikan dapat memberikan dampak besar terhadap kelangsungan usaha sehingga perlahan-lahan usaha mereka berkembang dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement