Kamis 06 Aug 2020 21:37 WIB

4 Aspek Ciptaan Fisik Manusia, Paling Tinggi Cahaya

Terdapat empat aspek penciptaan manusia dalam penjelasan Alquran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat empat aspek penciptaan manusia dalam penjelasan Alquran. Ilustrasi penciptaan manusia.
Foto: Pexels
Terdapat empat aspek penciptaan manusia dalam penjelasan Alquran. Ilustrasi penciptaan manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, Intelektual Muslim dari Universitas Zaytuna, Berkeley, California, Zaid Shakir, menulis artikel tentang cikal-bakal umat manusia dalam Alquran. Dia menyampaikan, saat ini setiap Muslim dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan mendasar tentang apa artinya menjadi manusia.

Namun, Alquran menegaskan ihwal kemanusiaan dan menggambarkan empat aspek manusia. Empat itu ialah ciptaan fisik, roh, fitrah, dan cahaya. Semuanya memiliki asal mula. Pertama, adalah penciptaan fisik. Allah SWT berfirman dalam surat Shad ayat 75:

Baca Juga

قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ ۖ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ

"Hai iblis, apa yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?".

Ahli tafsir, berpendapat bahwa yang dimaksud pada ayat tersebut adalah Nabi Adam sebagai bapak umat manusia. Adapun arti dari "diciptakan dengan kedua Tanganku", berarti bahwa itu merupakan contoh perhatian besar yang diberikan Allah SWT kepada ciptaan-Nya, dalam hal ini Nabi Adam diciptakan dengan dua Tangan.

Karena itu, Shakir menyampaikan, implikasinya adalah penciptaan tersebut tanpa perantara ayah atau ibu. Ini menunjukkan bahwa manusia memulai perjalanannya sebagai makhluk fisik dengan tindakan kreatif Allah SWT yang langsung dan tak tanggung-tanggung. Setelah manusia digerakkan  roh, maka bisa menjalankan tujuan utamanya yaitu untuk menyembah dan mengenal Tuhannya.

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (QS al-Mu’minun: 12-14).  

Karena itu, manusia adalah satu-satunya makhluk yang dapat menyadari memiliki Pencipta yang luar biasa, yang seharusnya berterima kasih atas proses luar biasa yang membuat manusia ada.

Aspek kedua adalah roh. Shakir menjelaskan, kejujuran manusia membuat manusia menjadi wadah yang tepat untuk roh, ciptaan Allah yang khusus dan unik. Roh tidak hanya menjiwai tubuh fisik manusia tetapi juga indera dan intelektualnya. Perawakan fisik dan roh adalah dua elemen penting yang menentukan kemanusiaannya.

Sementara kejujurannya dapat menuntun manusia untuk meninggikan apa yang dapat dilihat sebagai kebajikan yang unik, aspek ciptaan fisiknya juga harus menuntunnya untuk merendahkan dirinya sendiri.

Dalam Alquran surat Yasin ayat 77-78, Allah SWT mengingatkan bahwa permulaan manusia berasal dari saluran yang sama ketika air seni keluar dari tubuh. Bagaimana makhluk seperti itu bisa bersikap sombong?

Pemikir Muslim Fazlur Rahman menyatakan, bahwa hampir tidak ada bagian dalam Alquran yang mengatakan bahwa manusia terdiri dari dua substansi yang terpisah, dalam hal ini tubuh dan jiwa. Jika Imam Ghazali menerima ide bahwa manusia terdiri dari gabungan tubuh dan jiwa, maka itu berakar kuat di dalam Alquran.

Alquran mengingatkan Muslim bahwa roh adalah ciptaan nonfisik yang dihembuskan ke dalam tubuh fisik. Ini didasarkan pada surat As-Sajadah ayat 9, Al-Hijr Ayat 29, Shad ayat 72, dan Al-Anbiya ayat 91.

Roh dan tubuh fisik manusia, artinya, adalah dua entitas yang berbeda ketika mereka disatukan. Alquran tidak menunjukkan bahwa keduanya kehilangan sifat individualnya setelah bergabung.

Aspek ketiga adalah fiţrah. Aspek ketiga dari manusia dalam Alquran adalah watak alaminya, yang dijelaskan dengan istilah fiţrah dalam Alquran. Seperti ciptaan fisik dan roh, fiţrah berasal langsung dari Tuhan. Ini sebaaimana surat Ar-Rum ayat 30.

Aspek terakhir adalah cahaya. Alquran menyampaikan bahwa orang beriman memiliki "cahaya". Hal ini seperti di dalam Surah Al-Hadid ayat 12, At-Tahrim ayat 8, dan An-Nur ayat 40.

Shakir memaparkan, cahaya yang dirujuk dalam ayat-ayat tersebut digambarkan sebagai pengetahuan aktual tentang Tuhan, cahaya pencerahan, cahaya yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang-orang yang beriman pada hari kebangkitan, cahaya keesaan Ilahi , cahaya ketaatan, dan cahaya bimbingan.

Menurut Shakir, tradisi profetik, bagaimanapun, memperkenalkan narasi yang memungkinkan manusia melihat cahaya ini dari perspektif lain. 

Salah satu doa yang dibuat oleh Nabi Muhammad SAW adalah ketika Nabi SAW berdoa kepada Allah SWT agar dia dijadikan makhluk cahaya, dan dia mengajari kita untuk membuat doa itu. Ini bisa berarti bahwa Nabi SAW berdoa agar cahaya rohnya tercermin dalam sifat fisiknya.

"Sifat fisik kita memang dapat diresapi atas kehendak Tuhan, dengan cahaya. Ketika itu terjadi, seperti para malaikat, yang diciptakan dari cahaya, kita dengan mudah mengenali tujuan penciptaan kita dan menjadi hamba yang taat," kata Shakir.

Sumber: https://renovatio.zaytuna.edu/article/the-human-in-the-quran   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement