Kamis 06 Aug 2020 19:45 WIB

Daimler Gandeng CATL untuk Produksi Baterai Mobil

Baterai diharapkan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 700 kilometer.

Model berpose di dalam mobil Mercedes-Benz. ilustrasi
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Model berpose di dalam mobil Mercedes-Benz. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen kendaraan mewah Jerman, Daimler sedang memperdalam aliansi dengan pembuat baterai China CATL. Alinasi ini bertujuan untuk menghasilkan paket baterai yang mampu menjangkau jarak tempuh hingga 700 kilometer.

Baterai itu diklaim bisa di-charge lebih cepat dari model sebelumnya, dan disiapkan khusus untuk kendaraan Mercedes-Benz (Mercy). Daimler juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan baterai. Selain CATL, Daimler menjalin kemitraan dengan LG Chem untuk mempersiapkan mobil listrik dan hybrid.

Baca Juga

Perjanjian dengan CATL diteken pada Rabu (5/8), mencakup penyediaan sel baterai dan seluruh sistem baterai, serta menggabungkan kerja sama penelitian yang sudah ada.

"Kami bermaksud memimpin teknologi baterai, jadi kami sekarang menggabungkan keahlian penelitian dan pengembangan kami sendiri dengan mitra yang berani," kata Daimler dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Kamis (6/8).

Mereka menambahkan, perjanjian tersebut mencakup berbagai teknologi baterai dari seluruh modul untuk mobil Mercedes-Benz. "Kerjasama ini juga termasuk desain CATL cell-to-pack (CTP), yang menghilangkan modul konvensional dan mengintegrasikan sel langsung ke dalam baterai," tambah dia.

Untuk jangka panjang, kerja sama keduanya diharapkan dapat memperpendek siklus pengembangan dan menghemat biaya secara berkelanjutan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement