Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

'Penderita Inkontinensia Urine Perlu Perhatian Serius'

Kamis 06 Aug 2020 14:52 WIB

Red: Fernan Rahadi

PT Softex Indonesia melalui brand Confidence memperkenalkan Confidence Adult Pants Heavy Flow, sebuah produk terbaru dan inovasi terkini sebagai

PT Softex Indonesia melalui brand Confidence memperkenalkan Confidence Adult Pants Heavy Flow, sebuah produk terbaru dan inovasi terkini sebagai

Foto: dokpri
Sekitar 348 juta orang di dunia pernah mengalami IU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan meningkatnya harapan hidup penduduk Indonesia yang mencapai usia 66 tahun, maka terjadi peningkatan terhadap jumlah usia lanjut. Salah satu masalah gangguan kesehatan yang banyak dialami oleh lansia adalah inkontinensia urine (IU). Untuk itu diperlukan perhatian serius dan langkah yang tepat sebagai solusi dari permasalahan ini.

Melihat meningkatnya IU di Indonesia, PT Softex Indonesia melalui brand Confidence memperkenalkan Confidence Adult Pants Heavy Flow, sebuah produk terbaru dan inovasi terkini sebagai 'The Expert of Adult Care'. 

"Confidence Adult Pants Heavy Flow hadir khusus untuk pengguna dengan kondisi inkontinensia berat karena memiliki daya tampung besar sebagai jawaban atas kebutuhan utama dari si pengguna," kata Head of Marketing Adult Care PT Softex Indonesia, Nirma Sofiawati, dalam siaran persnya, Kamis (6/8).

IU merupakan salah satu gejala dalam suatu sindrom klinis berupa melemahnya otot kandung kemih sebagai penahan keluarnya urin yang kerap dialami oleh orang usia lanjut ditandai dengan pengeluaran urin tanpa disadari. IU terdiri dari tiga tipe. Pertama yaitu urine bocor keluar di saat stres atau terjadi tekanan dikandung kemih.  Kedua tidak dapat menahan buang air kecil ketika dorongan untuk itu muncul. Dan ketiga merupakan golongan IU berat, yang terjadi karena kandung kemih sama sekali tidak mampu menampung urine, sehingga penderitanya tidak bisa mengontrol keluarnya urine. 

Dari penelitian Expanded Prostate Cancer Index Composite (EPIC) yang dilakukan di tahun 2008 secara global ditemukan sekitar 348 juta orang di dunia pernah mengalami IU. Survei yang dilakukan di berbagai negara Asia didapatkan bahwa prevalensi pada beberapa bangsa Asia adalah 12,2 persen (14,8 persen pada wanita dan 6,8 persen pada pria). 

Sedangkan dari buku Panduan Tata Laksana Urine pada Dewasa Edisi ke-2 yang ditulis oleh Perkumpulan Kontinensia Indonesia (PERKINA) dan dirilis oleh Penerbit Ikatan Ahli Urologi Indonesia tahun 2018, disebutkan bahwa penelitian epidemiologi terakhir di Indonesia yang dipublikasikan pada tahun 2014 dan melibatkan enam rumah sakit pendidikan yaitu: Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan. Dari total 2.765 responden yang memenuhi kriteria inklusi, didapatkan prevalensi total IU sebesar 13 persen. 

Confidence Adult Pants Heavy Flow memiliki fitur daya tampung maksimal sebanyak enam kali serap. Berbahan Lycra, dengan karet elastis mengikuti bentuk tubuh sehingga tubuh dapat bergerak bebas. Bentuk popok dewasa ini juga didesain agar tidak merusak tingkat kenyamanan dan penampilan penggunanya saat dipakai. Nirma menjelaskan bahwa dengan keunggulan teknologi daya serap yang besar mampu mencegah terjadinya kebocoran pada produk Confidence Adult Pants Heavy Flow. 

"Kapasitas memang ditentukan oleh banyaknya urine yang keluar, namun Confidence Pants Heavy Flow memiliki kapasitas 6 kali daya serap, dimana ini diatas rata-rata popok dewasa tipe pants lainnya. Jika penggunaan enam kali buang air kecil dengan urin keluar persatu kalinya normal maka tidak akan terjadi kebocoran. Penggunaannya pun tidak perlu merasa khawatir apabila digunakan sepanjang malam," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA