Kamis 06 Aug 2020 15:00 WIB

ACT Aktifkan Lumbung Sedekah Pangan di 35 Kota

Lumbung sedekah pangan ini berfungsi untuk menampung dan mendistribusikan pangan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
Posko Induk Nasional Lumbung Sedekah Pangan ACT di Jalan Serpong-Parung, Curug, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Kamis (6/8).
Foto: Fuji E Permana
Posko Induk Nasional Lumbung Sedekah Pangan ACT di Jalan Serpong-Parung, Curug, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Kamis (6/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengaktifkan lumbung sedekah pangan di 35 kota di Indonesia secara serentak, pada Kamis (6/8). Lumbung sedekah pangan ini berfungsi untuk menampung dan mendistribusikan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Lumbung sedekah pangan diaktivasi hari ini serentak di 35 kota, langsung bermitra dengan jaringan-jaringan masjid dan komunitas untuk mengaktifkan rak-rak makanan di masjid-masjid," kata Presiden ACT, Ibnu Hajar kepada Republika saat mengaktifkan Posko Induk Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Gunung Sindur, Bogor, Kamis (6/8).

Baca Juga

Ibnu menyampaikan, posko induk nasional lumbung sedekah pangan ada di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Selain itu ada posko wilayah di provinsi dan posko induk daerah di kabupaten/ kota. Sementara di level kecamatan dan kelurahan akan diaktifkan posko-posko unit lumbung sedekah pangan.

Posko-posko tersebut diaktifkan agar mereka bisa berkoordinasi dengan masjid, sekolah dan komunitas. Supaya pada saat diaktifkan, suplai pangan dapat terus berjalan dan tersalurkan ke masyarakat.

"Masyarakat yang ingin membantu berupa logistik bisa ditempatkan (di lumbung sedekah pangan) dan masyarakat yang membutuhkan logistik bisa mengambil bantuannya di berbagai titik (lumbung sedekah pangan)," ujarnya.

Ibnu menyampaikan, para relawan akan terhubung ke berbagai posko lumbung sedekah pangan untuk memastikan penyaluran bantuan terbagi secara merata sesuai kebutuhan. Untuk itu, armada-armada ACT di berbagai tempat disiapkan untuk memastikan distribusi pangan ini merata.

Posko lumbung sedekah pangan ACT saat ini ada di 22 provinsi. ACT sedang mengaktifkan jaringan masyarakat relawan Indonesia dan dalam waktu sepekan ke depan posko lumbung sedekah pangan bisa hadir di 34 provinsi.

"Jaringan relawan kita ada di 324 kota dan kabupaten akan diaktifkan, kalau proses ini lancar (posko) akan diaktivasi di 34 provinsi dan 324 kota/ kabupaten," jelasnya.

Ibnu menerangkan, lumbung sedekah pangan disuplai dari lumbung beras wakaf dan lumbung air wakaf. ACT akan fokus menyuplai beras dan air minum ke lumbung sedekah pangan di berbagai lokasi.

Mungkin ada masyarakat atau korporasi yang berpartisipasi memberikan bantuan berupa singkong, ubi, kentang, gula, kornet, susu dan lain sebagainya ke lumbung sedekah pangan. Nanti ACT akan menyalurkannya secara merata dan tepat sasaran.

ACT menyampaikan bahwa masjid, sekolah, komunitas dan masyarakat bisa mengajukan diri menjadi posko lumbung sedekah pangan. Nanti bantuan pangan disalurkan ke sana untuk disampaikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement