Bantuan Pemerintah untuk Pekerja Harus Tepat Sasaran

Pendataan harus dilakukan secara baik dan bisa diterima oleh yang membutuhkan

Kamis , 06 Aug 2020, 14:44 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di DPR.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di DPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik terkait rencana pemerintah memberikan bantuan Rp 600 ribu bagi para buruh yang bekerja di sektor swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta sebagai fokus meningkatkan penyerapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dasco berharap bantuan tersebut bisa tepat sasaran diterima oleh para buruh.  

 

"Kami ingatkan bahwa bantuan dalam bentuk apapun harus sampai ke tangan yang berhak," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/8).

 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa pendataan harus dilakukan secara baik dan bisa diterima oleh yang betul-betul memerlukan. Terkait besaran bantuannya, ia menilai jumlah tersebut sudah cukup maksimal.

 

"Kalau menurut kita itu adalah nilai maksimal yang memang bisa diberikan pemerintah pada saat ini dan kita bersyukur masih ada program seperti itu yang sedikit banyak bisa membantu bagi yang benar-benar memerlukan," ungkapnya.

 

Sebelumnya pemerintah dikabarkan akan memberikan bantuan gaji untuk masyarakat yang memiliki pendapatan di bawah Rp 5 juta per bulan. Bantuan dengan kebutuhan anggaran Rp 31,2 triliun ini diharapkan bisa mengungkit ekonomi Indonesia, terutama dari sisi konsumsi rumah tangga.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, bantuan ini ditargetkan mampu menjangkau 13 juta pekerja yang kini terdampak pandemi Covid-19. "Saat ini, kita sedang identifikasi targetnya," katanya dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual, Rabu (5/8).