Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Pidato Modi Kala Pembangunan Kuil di Bekas Masjid Babri

Kamis 06 Aug 2020 13:48 WIB

Red: Muhammad Subarkah

PM India Narendra Modi (tengah) meletakan batu pertama pembangunan kuil Dewa Rama di bekas Masjid Babri di India.

PM India Narendra Modi (tengah) meletakan batu pertama pembangunan kuil Dewa Rama di bekas Masjid Babri di India.

Foto: npr.org
Rangkaian kilas acara dan pidato Modi kala pembangunan kuil di bekas Masjid Babri

REPUBLIKA.CO.ID, Menjelang upacara peletakan batu fondasi kuil Ram di Ayodhya, Perdana Menteri Narendra Modi hari ini (kemarin 5/8)  berdoa di kuil Hanumangarhi. Peristiwa diketahui dengan mengutip berita di laman ivemint.com.

Modi datang ditemani oleh Kepala Menteri Uttar Pradesh Yogi Adityanath. Perdana Menteri India ini tiba di kuil dengan mengenakan pakaian tradisional India: 'dhoti-kurta'.

Sekitar 175 tamu terkemuka telah diundang untuk 'bhoomi poojan' kuil Ram (dewa Rama) yang bekas masjid Babir tersebut. Selain Perdana Menteri Modi, ketua Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS) Mohan Bhagwat, Mahant Nritya Gopaldas Maharaj, Gubernur Uttar Pradesh Anandiben Patel dan Kepala Menteri Yogi Adityanath juga hadir di atas panggung.

Berikut adalah highlight dari upacara peltakan batu berpatama di kuil Dewa Rama di Ayodhya India yang disebut 'Ram Mandir Bhumi Poojan':

- Perdana Menteri Narendra Modi mengakhiri pidatonya dengan memuji Dewa Rama pada kesempatan 'Bhoomi Poojan' untuk Kuil Ram di Ayodhya, Uttar Pradesh.
   

  • "Saya percaya bahwa kuil Ram (dewa Rama) yang besar yang akan dibangun di Ayodhya, seperti keagungan nama Shri Ram. Ini akan mencerminkan kekayaan warisan budaya India. Saya percaya itu akan menginspirasi seluruh umat manusia sampai kekekalan,'' kata  PM Narendra Modi
  • Dengan dibangunnya candi ini, tidak hanya sejarah yang dibuat, tetapi diulangi. Cara tukang perahu ke suku membantu Dewa Rama, cara anak-anak membantu Sri Krsna mengangkat gunung Govardhan, demikian pula, dengan upaya semua orang, pembangunan kuil akan selesai,'' kata Perdana Menteri Modi.

  •     Ram Mandir akan menjadi simbol modern dari tradisi kita. Itu akan menjadi simbol pengabdian kita, sentimen nasional kita. Kuil ini juga akan melambangkan kekuatan resolusi kolektif dari jutaan orang. Ini akan terus menginspirasi generasi mendatang: PM Modi di Ayodhya.
       
  • Ram Mandir akan menjadi simbol modern dari tradisi kita. Itu akan menjadi simbol pengabdian kita, sentimen nasional kita. Kuil ini juga akan melambangkan kekuatan resolusi kolektif dari jutaan orang. Ini akan terus menginspirasi generasi mendatang: PM Modi
  • Sebuah kuil agung sekarang akan dibangun untuk Ram Lalla kami yang selama ini tinggal di tenda. Hari ini Ram janmbhoomi melepaskan diri dari siklus kerusakan dan pembangunan kembali - yang telah berlangsung selama berabad-abad: PM Narendra Modi. Ram Mandir.
     
  • Merupakan keberuntungan bagi saya bahwa saya diundang untuk menyaksikan momen bersejarah ini ... Dari Kanyakumari ke Kshirbhavani, dari Koteshwar ke Kamakhya, dari Jagannath ke Kedarnath, Somnath ke Kashi Vishwanath ... hari ini seluruh negeri terbenam dalam Dewa Rama: PM Modi di Ayodhya.Perdana Menteri
  • Narendra Modi naik ke panggung, mendesak hadirin untuk menyanyikan 'Jai Siya Ram', mengatakan, "Nyanyian ini tidak hanya bergema di Ayodhya tetapi di seluruh dunia."
       
  • Selamat kepada pemuja Dewa Ram di seluruh dunia, kata PM Narendra Modi.
       
  • 'Jai Siyaram'. Panggilan ini bergema tidak hanya di kota Lord Ram tetapi di seluruh dunia saat ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua warga negara ini, diaspora India di seluruh dunia dan semua pemuja Dewa Rama pada kesempatan suci hari ini: PM Narendra Modi.

  • Tunggu berabad-abad berakhir hari ini, kata Perdana Menteri Modi.
  • Perdana Menteri Narendra Modi naik ke panggung, mendesak hadirin untuk menyanyikan 'Jai Siya Ram', mengatakan, "Nyanyian ini tidak hanya bergema di Ayodhya tetapi di seluruh dunia."

  • Perdana Menteri Narendra Modi berpidato di hadapan para pelihat dan peserta lainnya pada kesempatan 'Bhoomi Poojan' di Ayodhya, Uttar Pradesh.   
  • PM Modi berbicara setelah Bhumi Pooja.
  • Ayodhya: PM Narendra Modi merilis prangko peringatan di 'Shree Ram Janmabhoomi Mandir'
  • Saya telah ditanya berkali-kali kapan Kuil Ram akan dibangun. Sekarang, akan segera dibangun. Keinginan para penyembah akan terpenuhi: Presiden Ram Mandir Trust Nitya Gopal Das di Ayodhya
     
  • Mahant Nritya Gopaldas Maharaj berbicara setelah Mohan Bhagwat.
    Kami telah mengambil keputusan. Saya ingat kepala RSS saat itu Balasaheb Deoras mengatakan kepada kami bahwa kami harus berjuang selama 20-30 tahun, baru setelah itu akan terpenuhi. Kami berjuang selama 30 tahun & di tahun ke-30, kami telah mencapai kebahagiaan dalam memenuhi resolusi kami: Kepala RSS.

  • Negara kami percaya pada 'Vasudeva Kutumbakam' yaitu dunia adalah tamu kami. Sifat senegara kita ini dapat menemukan solusi untuk setiap masalah. Kami percaya akan mengajak semua orang. Hari ini adalah awal baru dari India baru: Kepala RSS Mohan Bhagwat.

  • Begitu banyak orang telah berkorban, mereka tidak bisa berada di sini secara fisik. Ada beberapa yang tidak bisa datang ke sini, Advani ji pasti ada di rumahnya menonton ini. Ada beberapa yang seharusnya datang tetapi tidak bisa diundang karena situasi (COVID-19): Mohan Bhagwat, Kepala RSS.

  • Di bawah kepemimpinan PM Narendra Modi, kekuatan nilai-nilai demokrasi India dan kehakimannya telah menunjukkan kepada dunia bahwa bagaimana masalah dapat diselesaikan dengan cara damai, demokratis dan konstitusional: UP CM Yogi Adityanath pada acara RamTemple di Ayodhya.

  • Kuil Ram 'Bhoomi Pujan' diakhiri di Ayodhya. Tanah dari lebih dari 2000 situs ziarah dan air dari lebih dari 100 sungai dibawa untuk ritual ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA