Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Arahan Presiden Pacu PKK Bagikan Masker di Seluruh Indonesia

Kamis 06 Aug 2020 04:52 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian (tengah) memberikan bantuan masker kepada warga di Kampung Nelayan Kabupaten Indramayu didampingi Mendagri Tito Karnavian (kiri).

Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian (tengah) memberikan bantuan masker kepada warga di Kampung Nelayan Kabupaten Indramayu didampingi Mendagri Tito Karnavian (kiri).

Foto: Dok. Pkk
Gerakan ini membagikan 2,5 juta masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Arahan Presiden Jokowi kepada Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk melaksanakan kampanye gerakan penggunaan masker telah memacu semangat ibu-ibu PKK untuk berkontribusi lebih maksimal dalam pembagian masker.

Hal tersebut terlihat ketika dilaksanakan peluncuran gerakan pembagian 2,5 juta masker di Indramayu, Jawa Barat yang dihadiri langsung oleh ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

"Presiden Jokowi memerintahkan ibu ibu PKK untuk ikut mendampingi dan menjadi agen sosialisasi kampanye nasional penggunaan masker di seluruh Indonesia," tutur Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian saat launching gerakan 2,5 juta masker di Indramayu, Jawa Barat, Rabu (5/8).

Diketahui, pembagian masker secara masif dilakukan untuk memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19 yang juga sejalan dengan gagasan presiden dalam rapat terbatas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Pada rapat yang digelar Senin (3/8) lalu, presiden menginstruksikan untuk keterlibatan Tim Penggerak PKK dalam penegakan protokol kesehatan.

"Sebetulnya rencananya saya tidak mungkin berdiri di sini kalau tidak Bapak Presiden memberi perintah bahwa PKK harus ikut membagikan masker ke seluruh Indonesia," ucap dia 

Tri menjelaskan, selain membagikan masker, kegiatan ini juga disertai dengan mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan cara menggunakan masker itu sendiri.

"Tidak hanya pembagian masker tapi sosialisasi bagaimana memakai masker yang benar dan apa gunanya untuk pemakai masker tersebut, juga hal lain protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan," kata dia.

Tri juga menekankan kader PKK yang terlibat dalam gerakan ini berhati-hati dalam menyosialisasikan protokol kesehatan dan penggunaan masker. Utamanya, dengan cara mengedukasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian bersama Mendagri Tito Karnavian memberikan bantuan masker secara simbolis kepada Ketua TP PKK Indramayu Umirah Taufik Hidayat untuk dibagikan kepada masyarakat.

Saat penyerahan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil ikut hadir. Hadir pula Pelaksana Tugas Bupati Indramayu Taufik Hidayat beserta pejabat Forkopimda Kabupaten Indramayu. Setelah itu Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian membagikan bantuan masker langsung kepada warga di Kampung Nelayan Indramayu didampingi Mendagri Tito Karnavian.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA