Kamis 06 Aug 2020 00:27 WIB

Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan Indonesia dengan AS

Prabowo dan Menhan AS membahas soal keamanan maritim hingga pelatihan militer bersama

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Karta Raharja Ucu
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kiri) bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kiri) bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto membahas kerja sama pertahanan dengan Menhan Amerika Serikat Mark T Esper. Keduanya membahas kerja sama militer antardua negara yang bisa dilakukan pada masa pandemi Covid-19 melalui sambungan telepon.

"Hari ini, Sekretaris Pertahanan Dr Mark T Esper berbicara melalui telepon dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membahas kerja sama militer AS dan Indonesia di masa pandemi Covid-19,” dikutip dari website resmi defense.gov, Rabu (5/8).

Keduanya melakukan pembahasan melalui sambungan telepon pada Selasa (4/8) lalu. Pada kesempatan itu, keduanya juga membahas soal keamanan maritim, akuisisi pertahanan, sampai ke pelatihan militer antarkedua negara.

Terkait pandemi Covid-19 yang tengah terjadi saat ini, baik Prabowo maupun Esper sama-sama menyampaikan rasa prihatin atas berbagai persoalan akibat virus yang melanda di masing-masing negara. Pada kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan terima kasihnya atas bantuan Amerika. Amerika telah menyumbangkan alat medis berupa ventilator serta dana sebesar USD 12,2 juta untuk Indonesia untuk melalui masa pandemi saat ini.

Di akhir pembicaraan, Esper mengungkapkan keinginannya untuk bertemu langsung dengan Prabowo. “Sekretaris dan Menteri Prabowo menyampaikan keinginan mereka untuk bertemu langsung,” tulis rilis tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement