Rabu 05 Aug 2020 22:28 WIB

DIY Tambah 29 Kasus Positif Covid-19 yang Sembuh

GTPP Covid-19 DIY juga laporkan tambahan 17 kasus baru

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas memberhentikan pengguna jalan yang tidak mengenakan masker saat razia masker di Pasar Karanggan Yogyakarta, Selasa (4/8/2020). Razia yang dilakukan oleh perugas gabungan dari Satpol PP, Polisi,  dan TNI Daerah Istimewa Yogyakarta itu guna mengedukasi masyarakat tentang pentingya penggunaan masker menyusul banyaknya khasus OTG COVID-19.
Foto: Antara/Andreaz Fitri Atmoko
Petugas memberhentikan pengguna jalan yang tidak mengenakan masker saat razia masker di Pasar Karanggan Yogyakarta, Selasa (4/8/2020). Razia yang dilakukan oleh perugas gabungan dari Satpol PP, Polisi, dan TNI Daerah Istimewa Yogyakarta itu guna mengedukasi masyarakat tentang pentingya penggunaan masker menyusul banyaknya khasus OTG COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kesembuhan kasus positif di DIY bertambah 29 kasus pada 5 Agustus 2020 ini. Penambahan tersebut menjadikan kasus yang sudah dinyatakan sembuh di DIY mencapai 477 kasus.

Sementara, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY pada 5 Agustus ini juga melaporkan adanya 17 kasus baru positif Covid-19. Sehingga, total kasus positif di DIY menjadi 801 kasus.

Artinya, kasus sembuh di DIY sudah mencapai 59,5 persen dari total seluruh kasus positif. Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, 29 kasus sembuh tersebut terdiri dari lima warga Kota Yogyakarta, 14 warga Bantul, delapan warga Gunungkidul dan dua warga Sleman.

"Didapatkannya tambahan 29 kasus sembuh dan 17 kasus baru positif Covid-19 pada 5 Agustus ini merupakan pemeriksaan terhadap 1.020 sampel dari 804 orang yang menjalani tes swab," kata Berty, Rabu (5/8).

 

Untuk 17 kasus baru positif, sembilan orang merupakan warga Sleman, dua warga Kota Yogyakarta, satu warga Bantul, satu warga Kulon Progo, tiga warga Gunungkidul dan satu kasus merupakan warga yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah.

Berty menyebut, tiga kasus baru positif merupakan karyawan kesehatan. Tiga karyawan kesehatan ini terdiri dari dua warga Sleman dan satu lainnya merupakan warga Klaten.

"Tiga karyawan kesehatan ini diketahui positif dari screening terhadap karyawan kesehatan yang dilakukan Dinkes Sleman," ucap dia.

Sedangkan, empat kasus baru positif Covid-19 didapatkan dari pelacakan (tracing) kontak kasus positif yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, empat kasus baru lainnya memiliki riwayat perjalanan dari luar DIY.

"Enam kasus baru positif lainnya masih dalam penelurusan Dinkes," ujar Berty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement