Rabu 05 Aug 2020 22:03 WIB

Pemkab Majalengka Terus Tekan Penyebaran Covid-19

Penyebaran covid-19 terus dicegah Pemkab Majalengka.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Pemkab Majalengka Terus Tekan Penyebaran Covid-19. Foto: Ancaman Covid-19 (ilustrasi)
Foto: republika
Pemkab Majalengka Terus Tekan Penyebaran Covid-19. Foto: Ancaman Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka kembali bertambah, Rabu (5/8). Pemkab Majalengka pun telah mengambil tindakan untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus tersebut.

‘’Hari ini kasus positif bertambah tiga orang,’’ ujar Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin, Rabu (5/8).

Baca Juga

Alimudin merinci, dari tiga kasus baru itu, dua di antaranya berasal dari Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung. Sedangkan satu kasus dari Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka itu menjelaskan, warga Kecamatan Ligung itu tertular dari seorang tenaga kesehatan (nakes), yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, nakes tersebut tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Kabupaten Cirebon.

‘’Yang saat ini tertular itu istri dan ibunya. Keduanya memiliki kontak erat dengan yang bersangkutan dan hasil swab mereka ternyata positif Covid-19,’’ terang Ali.

Sedangkan satu pasien asal Kecamatan Leuwimunding, tertular dari pasien yang telah lebih dulu dinyatakan positif Virus Korona. Pasien tersebut masuk klaster Jakarta.

‘’Awal mulanya yang bersangkutan pulang ke kampung halamannya dalam kondisi sakit saat momentum Idul Adha kemarin. Setelah di-swab, hasilnya dinyatakan positif,’’ terang Ali.

Ali menambahkan, dengan penambahan kasus baru tersebut, maka jumlah total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka hingga Rabu (5/8) mencapai 31 orang. Dari jumlah tersebut, 11 orang dinyatakan sembuh, 19 orang dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia.

Sementara itu, melonjaknya kasus positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir di Kabupaten Majalengka telah membuat Pemkab mengambil tindakan tegas. Salah satunya dengan menutup kembali seluruh objek wisata di Kabupaten Majalengka, yang sebelumnya sempat dibuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement